Tabligh Akbar! Dengan Tema Pemuda Islam Panutan Bangsa

April 20, 2021, oleh: superadmin

Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi jurusan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta baru saja menyelenggarakan Tabligh Akbar dengan tema “Pemuda Islam Panutan Bangsa” pada Sabtu, 17 April 2021. Dalam acara Tabligh Akbar ini menghadirkan Ustadz Habib Husein Jafar Al Hadar sebagai pengisi acara. Acara ini dimoderatori langsung oleh salah satu dosen Ekonomi FEB UMY yaitu Dr. Ayif Faturrahman, S.E, SEI, M.Si. acara Tabligh Akbar ini berlangsung secara daring menggunakan video Zoom serta disiarkan langsung melalui akun youtube HIMIE UMY dan acara ini diikuti oleh sekitar 150 peserta.

Antusias para peserta dalam acara ini sangat tinggi. Dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk saat sesi tanya jawab berlangsung. Salah satunya yaitu pertanyaan dari peserta kepada Ustadz Habib Husein Jafar Al Hadar yang dibacakan langsung lewat moderator yaitu mengenai hukum dari digitalisasi keuangan dan sektor-sektor syariah. Kemudian ditanggapi langsung oleh Habib bahwa amal yang baik itu harus didasarkan dari niat yang baik dan sumber yang baik. Jika sumber yang didapatkan dari sumber yang halal maka uangnya juga halal.

Tabligh Akbar ini bertujuan menambah ilmu pengetahuan terutama dalam agama islam serta dapat melahirkan generasi pemuda muslim menjadi panutan bangsa. Habib menjelaskan adapaun isu-isu yang ada pada anak muda yaitu salah satunya insecure (perasaan tidak percaya diri, perasaan tidak nyaman atau bahkan persaan tidak tamat terhadap apa yang ada pada dirinya. Padahal itu adalah karunia dari Allah SWT.

Pada masa muda kita mempelajari nilai-nilai islam yang khususnya taat budi. Artinya dimasa muda itu adalah masa dimana kita mempelajari nilai-nilai islam yang berbasis keimanan. Jika ada anak muda yang taat kepada Allah SWT maka itu mengundang senyumnya Allah SWT.