Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) secara resmi melantik delapan Dekan Fakultas baru periode 2017-2021. Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P pada Rabu (31/5) di Ruang Sidang AR. Fachruddin B lt.5. Selain ke delapan Dekan baru, Rektor UMY juga melantik Direktur Pascasarjana dan Staff Ahli Rektor Bidang Perencanaan dan Pengembangan.

Adapun pejabat yang dilantik adalah Dr. Akif Khilmiyah, M.Ag (Dekan Fakultas Agama Islam), Indira Prabasari, Ph.D (Dekan Fakultas Pertanian) Dr. Trisno Raharjo, S.H.,M.Hum (Dekan Fakultas Hukum), Dr. Titin Purwaningsih, S.IP.,M.Si (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik), Dr. Rizal Yaya S.E., M.Sc., Ak, CA (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes (Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan), Dr. Suryanto (Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa), Sri Atmaja P. Rosyidi, S.T., MSc.Eng., Ph.D., PE (Direktur Program Pascasarjana) dan Dr. Mukti Fajar Nur Dewata, S.H., M.Hum (staff ahli Rektor bidang perencanaan dan pengembangan).

Dalam sambutannya, Gunawan mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja para dekan yang menjabat pada periode sebelumnya. “Terima kasih kepada para dekan periode 2013-2017. Lompatan yang begitu besar saya kira. Saat ini 54 persen prodi di UMY telah terakreditasi A. Kita juga telah menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di DIY saat ini,”ungkapnya. Tak hanya itu, Gunawan juga mengingatkan kepada para dekan baru untuk segera bekerja guna menghadapi tantangan yang lebih berat di masa mendatang. “Selamat bekerja, tentunya kita juga harus segera berlari menghadapi rivalitas Perguruan Tinggi di tingkat nasional maupun Internasional yang semakin ketat,”paparnya

Dirinya mengungkapkan akan menargetkan peningkatan kualitas di bidang SDM, khususnya untuk para dosen agar segera menyelesaikan program doktor mereka. “Mohon dukungannya dari BPH, Kita akan menggenjot kualitas SDM yang menjadi titik lemah dari penilaian QS Star yang kita terima. Maka kami himbau untuk para dosen agar menyelesaikan program doktornya sehingga insyaAllah tercapai minimal 200 doktor pada akhir periode,”jelasnya. Senada dengan hal tersebut , Drs. Sukiman, M.A, Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) UMY menegaskan bahwa BPH akan meningkatkan dukungan untuk menjadikan UMY lebih baik lagi. “Kami akan tingkatkan dukungan kepada para pimpinan. Yang sudah kami lakukan selama ini, semoga dapat ditingkatkan lagi sesuai himbauan Rektor tadi jika UMY ingin berlari menghadapi persaingan global,”ujarnya.

Dalam penutupnya, Sukiman berharap Dekan yang telah dilantik dapat mengemban amanah hingga selesai masa periodenya. “Semoga amanah, dan dapat mengemban tugas hingga akhir periode tahun 2021. Jabatan Dekan merupakan amanah dan titipan. Dan dalam Muhammadiyah, jika mendapat amanah, maka harus dilaksanakan semaksimal mungkin,”tutupnya. (bagas)