Untitled

 

 

Dalam rangka peningkatan kualitas dan kapasitas mahasiswa Jurusan Akuntansi,  International Program of Accounting, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IPAcc UMY)  menghadirkan Assoc. Prof. Rodiel C. Ferrer dari De La Salle University, Manila Philipina sebagai visiting professor untuk mengajar mata kuliah Akuntansi Keuangan di Program IPAcc. Assoc. Prof. Rodiel C. Ferrer adalah pakar akuntansi keuangan dalam hal implementasi International Financial Reporting Standard (IFRS), suatu standar laporan keuangan internasional yang wajib bagi perusahaan di Commonwealth Country dan kemudian diberlakukan di banyak negara termasuk Indonesia. Diharapkan dengan menghadirkan pakar IFRS dari Philipina ini, mahasiswa dapat memperoleh tambahan wawasan bagaimana pelaksanaan IFRS di Negara ASEAN lainnya.

Menurut Peni Nugraheni, S.E., M.Sc., Ak., CA,  Direktur IPAcc UMY, program visiting professor adalah salah satu program IPAcc untuk menambah pengalaman belajar mahasiswa dengan menghadirkan dosen asing. Tujuannya adalah memperkaya materi bagi mahasiswa selain meningkatkan interaksi dalam bahasa asing. Lebih jauh Peni menjelaskan bahwa Rodiel tidak hanya mengajar dikelas saja, tetapi juga mengisi beberapa kegiatan yang diselengggarakan oleh Jurusan Akuntansi UMY. Beliau menjadi pembicara pada seminar International Conference on Accounting and Finance (ICAF) 2016 yang merupakan kegiatan rutin unggulan dari Jurusan Akuntansi UMY dan juga mengisi Kuliah Umum untuk mahasiswa Akuntansi. Dalam Kuliah Umum tersebut, Rodiel memberi materi mengenai topic-topik penelitian dalam bidang keuangan dan metodologi penelitian dengan peserta adalah mahasiswa akuntansi yang mengambil mata kuliah desain riset . Kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan masukan ide kepada mahasiswa mengenai topic penelitian yang ingin dikembangkan untuk penyusunan skripsi mereka nantinya.

Selain itu, Rodiel menjadi pembicara dalam Workshop Strategi Penulisan Jurnal Terindeks Scopus, yang dihadiri oleh dosen-dosen Jurusan Akuntansi. Rodiel yang karya-karyanya telah terbit dalam jurnal internasional membagikan kiat-kiat publikasi jurnal internasional dan memberikan masukan untuk paper-paper dosen yang sudah dibuat. Menurut Rodiel, atmosfer akademik UMY sangat bagus sehingga diharapkan kerja sama yang dilakukan ini tetap bisa berlanjut dimasa mendatang.