Sudah sejak lama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalin relasi yang kuat dengan beberapa universitas dari Malaysia, salah satunya Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). Pada kunjungan kali ini mahasiswa Fakulti Ekonomi dan Muamalat (FEM) USIM didampingi oleh Prof Dato’ Dr. Muhammad Haji Alias. Nantinya mereka akan tinggal di Yogyakarta selama satu minggu terhitung dari tanggal 29 Oktober hingga 4 November dengan serangkaan acara, salah satunya adalah mengunjungi daerah Kauman tempat lahirnya Muhammadiya dan juga Lava Tour Merapi, sebagai bentuk pengenalan kebudayaan dan alam Yogyakarta.

Penyambutan rombongan USIM dilaksanakan tanggal 30 Oktober lalu di gedung K.H.Ibrahmi lantai 5, dengan tarian saman sebagai salah satu hiburan yang dihadirkan oleh UMY. Komunitas tari Manajemen FEB UMY sebagai tim tarinya. Rombongan USIM merasa sangat terhibur, hal itu di ungkapkan salah satu mahasiswa USIM, yaitu Siti Fatimah binti Ahmad Ali yang mengungkapkan bahagianya bisa melihat langsun tarian saman.

Pada sambutannya Dekan FEB Rizal Yaya, Ph.D., M.Sc., Ak., CA. menjelaskan “bahwa selama ini UMY dengan USIM sudah menjalin relasi yang sangat baik, Bahkan setiap semesternya mahasiswa UMY khususnya mahasiswa FEB selalu mengikuti student exchange ke USIM”. Diakhir sambutan Dekan FEB berpesan kepada mahasiswa USIM agar bisa menikmati program ini dan bisa banyak belajar dari masyarakat Indonesia.

Dilain tempat Direktur International Program of Management and Business (IMaBs) Dr. Indah Fatmawati,SE. M.Si. menjelaskan bahwa kunjungan kali yang menjadi tuan rumah adalah IMaBs. Karena kunjungan mahasiswa dari USIM kali ini terkonsentrasi dengan Program Studi manajemen dan juga sebagai bentuk menambah pengetahuan bagi mahasiswa IMaBs, mengingat Program Studi IMabs juga belum lama terbentuk.

Prof Dato’ Dr. Muhammad Haji Alias ditengah sambutannya mengukapkan bahwa “tiga tahun lalu kami datang ke UMY sebagai peserta pencak silat, sekarang kami kelurga besar USIM datang ke UMY sebagai kawan sejawat”. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi memang sudah sejak lama UMY memiliki relasi yang sangat baik dengan USIM.