Tabligh Akbar – Kajian Ketauhidan

ta

Ahad (03/01/16) – Tabligh Akbar merupakan salah satu program kerja Bidang Tabligh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Fakultas Ekonomi UMY. Acara ini dilaksanakan di Masjid Al Muslimun Dusun Kiyudan Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Masjid Al Muslimun merupakan satu-satunya mushola yang terletak di Dusun Kiyudan yang minoritas adalah umat muslim sekaligus dusun yang terkena kristenisasi atau pemurtadan. Tabligh Akbar kali ini mengusung tema “Perkuat Aqidah dan Amal Sholeh Untuk Masyarakat Islam Berkemajuan” Acara ini terdiri atas dua sesi. Sesi pertama dikhususkan untuk anak-anak TPA setempat berupa beberapa perlombaan seperti lomba adzan, lomba sholat, dan lain-lain. Sesi pertama dilaksanakan sekitar pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sedangkan untuk sesi kedua diperuntukkan untuk Bapak/Ibu warga setempat yang dilaksanakan mulai ba’dha isya’ hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

Inti dari Tabligh Akbar sendiri terdapat pada sesi kedua, yaitu berupa kajian ketauhidan yang disampaikan oleh Bapak Muh. Ikhwan Ahada salah satu dosen UAD. Dalam penyampaian materi, Bapak Ikhwan dapat menarik perhatian seluruh audience, mulai dari para kader, Ibu-Ibu/Bapak-Bapak dan para lansia dengan mengajak para audience untuk saling sahut-menyahut dengan lagu yang Bapak Ikhwan lantunkan. Dalam menyampaikan materi, Bapak Ikhwan juga menggunakan bahasa Jawa yang fasih sehingga warga setempat dapat menyambutnya dengan lancar. Materi yang disampaikan ditekankan pada perintah sholat berjamaah. Sholat berjamaah adalah cara yang paling utama agar seorang muslim dapat dekat dengan Allah SWT. Allah akan memanggil manusia hanya 3x, yaitu: (1) Untuk sholat berjamaah (2) Melaksanakan ibadah haji (3) Saat seorang manusia meninggal dunia. Sholat merupakan wujud yakin kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sekaligus sebagai ukuran aqidah dan iman seorang muslim. Selain itu, sholat berjamaah adalah salah satu amalan bagi seorang muslim saat di Padang Mahsyar diberikan tempat berteduh.

Maksud dan tujuan dari Tabligh Akbar ini adalah untuk menguatkan iman serta akhlaq warga Dusun Kiyudan yang masih banyak diantara mereka belum siap menghadapi rumitnya hubungan masyarakat sekitar, bagaimana cara menjalin hubungan dengan Allah SWT sekaligus menjalin hubungan dengan sesama manusia baik itu yang muslim maupun yang non-muslim. Sampai dengan selesainya acara, kajian ketauhidan dapat terlaksana dengan lancar dan khidmat.