Senat Mahasiswa

KOMISI INTERNAL

OPEN RECRUITMENT

Open recruitment berlangsung kurang lebih selama seminggu, yakni pada hari Senin sampai dengan Minggu, 10-16 Oktober 2016. Pada hari senin sampai dengan jum’at, SEMA membuka stand open recruitment di lobby D yang terbuka untuk seluruh mahasiwa baru maupun mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY. Stand dijaga tidak hanya oleh komisi internal, namun komisi yang lain juga ikut berpartisipasi. Mahasiswa baru bisa menanyakan tentang SEMA itu sendiri, kemudian mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

Pada hari Minggu, 16 Oktober 2016 di ruang kelas Gedung D selanjutnya diadakan wawancara terhadap mahasiswa yang tertarik berorganisasi di Senat untuk menyaring mahasiswa yang sesuai dengan klasifikasi yang kami inginkan. Pada tahap ini, pewawancara harus melewati 5 pos, masing-masing pos terdiri dari setiap komisi. Pos pertama komisi internal, pos kedua komisi pengawasan, pos ketiga komisi aspirasi, pos keempat komisi eksternal, dan pos terakhir adalah Badan Pengurus Harian (BPH). Pos pertama menguji kemampuan peserta dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dikarenakan kami membutuhkan SDM yang tidak hanya unggul dalam komunikasi namun juga islami dan mengerti agama. Pos selanjutnya membahas mengenai minat, bakat, dan komitmen masing-masing peserta. Setelah melewati tes wawancara, peserta diharapkan menunggu hasil tes selama kurang dari seminggu setelah tes yang akan ditempel di Sekretariat Bersama Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Akhirnya, terjaring 30 kosema dari tiga jurusan yang berbeda.

LKSM (LATIHAN KEPEMIMPINAN SENAT MAHASISWA) STRUKTURAL

Setelah terbentuknya struktural SEMA FEB UMY, Kami merasa perlu diadakan semacam pengakraban diri. Hal ini dikarenakan background dari masing-masing anggota yang berbeda-beda. Kemudian terlaksanakanlah salah satu program kerja dari Komisi Internal yaitu Latihan Kepemimpinan Senat Mahasiswa (LKSM) Struktural yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 29-30 Oktober 2017 di Kaliurang. Sasaran program kerja ini adalah internal Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan di dalam LKSM Struktural ini tidak hanya berhura-hura saja namun kami juga menyelipkan unsur Islami di dalamnya, seperti dengan melaksanakan sholat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, sampai dengan kajian keislaman yang disampaikan oleh salah satu dari struktural SEMA. Disamping menumbuhkan jiwa kepemimpinan, program kerja ini bermaksud untuk melantik struktural yang sudah terbentuk. Hal ini bertujuan agar masing-masing individu dapat melakasanakan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya dan dapat berkerja sama di dalam sebuah tim untuk mencapai tujuan organisasi.

LKSM (LATIHAN KEPEMIMPINAN SENAT MAHASISWA) STAFF

Setelah melewati proses wawancara open recruitment staff (kosema), telah terjaring 30 mahasiswa terpilih dari tiga jurusan yang berbeda, yakni akuntansi, manajemen, dan ilmu ekonomi. Mayoritas dari 30 kosema tersebut adalah mahasiswa baru angkatan 2016 dan beberapa diantaranya adalah angkatan 2015. LKSM Staff dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, o3-04 Desember 2016 di Pendopo Progo Parangtritis. Sasaran dari program kerja ini adalah Struktural dan Staff (Kosema) Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY.

Kegiatan LKSM Staff ini hampir sama dengan LKSM Struktural, kami juga memasukkan nilai-nilai keislaman dengan cara melakukan shalat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, dan melakukan kajian islami. Setelah itu, kami mengenalkan tentang jajaran Pengurus Harian dan struktural yang berisi 4 komisi yaitu Komisi Internal, Komisi Eksternal, Komisi Aspirasi, dan Komisi Pengawasan serta menjelaskan peran dan fungsi masing-masing komisi. Hal ini bertujuan agar staff lebih mengenal strukturalnya dengan lebih baik dan mengetahui peran dari SEMA dalam setiap bidang untuk internal dari SEMA itu sendiri maupun eksternal SEMA.

UPGRADING 1

Senat Mahasiswa adalah lembaga legislatif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY. Sebagai anggota yang baru tergabung dengan Sema, Staff (Kosema) dipandang sangat perlu untuk memahami tentang legislatif itu sendiri. Maka dari itu, Senat Mahasiswa melalui salah satu komisinya yaitu komisi internal mengadakan Upgrading 1 yang bertujuan untuk meng-upgrade pengetahuan setiap anggota SEMA umumnya, dan Staff khususnya.

Upgrading 1 dilaksanakan pada hari Jum’at, 18 November 2016 di ruang sidang fakultas ekonomi dan bisnis. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama tiga jam yaitu pada Pkl. 15.00 sampai dengan 18.00 WIB. Upgrading 1 yang bertemakan legislatif ini dihadiri oleh seluruh jajajran BPH, Struktural, dan Staff SEMA FEB UMY. Pematerinya adalah Sdr. Irvan Ahsani mantan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa tingkat Universitas. Seperti yang sudah kami paparkan diatas bahwa urgensi dalam program kerja ini adalah legislatif, sebagai badan legislatif adalah wajib hukumnya untuk mengetahui tentang legislatif itu sendiri. Selain menambah pengetahuan perihal kelegislatifan, Upgrading 1 dilaksanakan dengan serta merta menggabungkannya dengan Pelantikan Staff SEMA FEB UMY. Pelantikan tersebut berlangsung dengan cukup khidmat yakkni pada saat pembacaan ikrar yang dipimpinoleh Wakil Dekan II, Bapak Rizal Yaya dan kemudian diikuti oleh seluruh Staff SEMA FEB UMY.

KOMISI EKSTERNAL

STUDI BANDING

Kegiatan yang berupaya untuk meningkatkan mutu dengan maksud sebagai pembanding antara lembaga kelegislatifan yang satu dengan yang lain. Yaitu dengan mengunjungi beberapa Universitas di beberapa kota diluar DIY. Kegiatan ini dilakukan untuk menggali banyak pengalaman serta membangun relasi. Sehingga dapat membandingkan serta meng-upgrade konsep atau kinerja lembaga legislatif Senat Mahasiswa FEB UMY agar dapat melaksanakan tugas kelegislatifan dengan lebih baik. Studi Banding dilaksanakan berdasarkan persetujuan dari masing-masing lembaga pada waktu yang tepat. Pada tanggal 17 Februari  2017 telah dilaksanakan Studi Banding dengan DPM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya dan DM Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang berada di Jawa Timur.

KUNJUNGAN KERJA

Kegiatan ini bertujuan untuk mengamati dan mempelajari kinerja dan tata cara berperilaku sebagai lembaga legislatif. Yang kemudian dapat diterapkan sebagai penunjang kinerja dalam lembaga kemahasiswaan. Kunjungan Kerja ini dilaksanakan dengan melakukan kunjungan ke beberapa DPRD dan mengikuti rapat atau sidang dengan persetujuan pihak terkait. Kunjungan Kerja yang sudah dilaksanakan SEMA FEB UMY pada Kamis, 24 November 2016 di DPRD Gunungkidul, yakni mengikuti rapat Paripurna yang membahas mengenai “Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi terhadap RAPBD 2017”. Kunjungan kerja ini disambut dengan baik oleh pihak DPRD Gunungkidul, serta banyak pembelajaran yang didapatkan dari bagaimana kinerja dan etika lembaga legislatif yang ada pada masyarakat.

SAFARI KELEMBAGAAN

Merupakan bentuk kegiatan yaitu sharing dengan sesama lembaga legislatif kemahasiswaan serta menjalin silaturahmi dengan sesama lembaga legislatif. Safari kelembagaan ini dilaksanakan dengan lembaga legislatif yang berada di DI Yogyakarta dan sesama lembaga legislatif di dalam kampus UMY. Kegiatan ini diperlukan karena pentingnya membangun relasi baik diluar UMY maupun didalam UMY, dengan demikian akan terlajin rasa kekeluargaan sebagai sesama lembaga legislatif dan dapat saling belajar bagaimana kinerja dari masing-masing lembaga. Beberapa Safari kelembagaan didalam kampus sudah terlaksana pada periode ini, antara lain dengan DPM Fisipol UMY dan DPM Fakultas Hukum UMY, dimana sebagai sesama lembaga legislatif di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta diperlukan adanya silaturahmi serta saling belajar bagaimana kinerja diantara masing-masing lembaga.

KOMISI ASPIRASI

MADING SENAT MAHASISWA FEB

Mading atau majalah dinding merupakan jenis media komunikasi  yang sederhana. Dengan kemasan yang kreatif, menarik, murah dan juga  unik mading seringkali menjadi daya  tarik tersendiri dalam  memuat informasi yang ditunjang dengan letak  yang strategis. Dengan tujuan untuk menyampaikan informasi kepada  pembaca  (mahasiswa UMY). Mading ini dibuat oleh TIM MADING di bawah komisi aspirasi, yang memuat kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh SEMA FEB UMY.Madingedisipertamarilispada20 November 2016. Mading dibuat dua edisi, yaitu edisi pertama pada semester ganjil dan edisi kedua pada semester genap. Mading SEMA FEB berada di lantai dasar Lobby D FEB UMY.

EKONOMI BERDIALOG

Ekonomi berdialog adalah suatu kegiatan yang diadakan ileh komisi Aspirasi SEMA FEB UMY untuk mempertemukan secara langsung aspirasi-aspirasi mahasiswa kepada petinggi kampus. Yang diadakan dua kali dalam satu periode, Ekonomi berdialog I diadakan pada akhir semester ganjil21 Desember 2016, dan Ekonomi Berdialog II diadakan pada akhir semester genap. Ekonomi berdialog berdifat terbuka untuk mahasswa Feb, dan diadakan di Lobby gedung D. Ekonomi Berdialog ini diadakan karena dalam kehidupan bersosial tentunya kita juga mempunyai aspirasi terhadap sesuatu, seperti ketidaknyamanan terhadap fasilitas yang ada, ketidaknyamanan terhadap pembelajaran yang ada. Sehingga kita sebagai SEMA memfasilitasi mahasiswa yang hendak berpendapat kepada petinggi kampus.

FORUM MAHASISWA

Forum Mahasiswa adalah sebuah forum dimana disana kita mengumpulkan Himpunan Mahasiswa Jurusan, ketua-ketua kelas dan mahasiswa umum untuk membahas masalah di FEB yang diadakan oleh Komisi Aspirasi SEMA FEB UMY. Forum ini diadakan agar ada pembahasan saat diadakan Ekonomi Berdialog, dan tidak adanya perulangan pembahasan di Prodi dan di Ekonomi berdialog. Forum ini diadakan seminggu sebelum diadakannya Ekono Berdialog. Dengan hasil diskusi prodi yang ada kita dapat menjadikan acuan, manakah pembahasan di ranah fakultas dan di ranah prodi. Sehingga tidak adanya pembahasan yang berulang-ulang dan tidak efektif.

KOMISI PENGAWASAN

KONSOLIDASI I

Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis 6 Oktober 2016,bertempat di Ruang sidang FEB UMY.Kegiatan ini di hadiri oleh semua lembaga yang ada di KM FEB. Konsolidasi 1 ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh komisi Pengawasan SEMA FEB UMY untuk mengoptimalkan kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan pembenahan, melancarkan tugas-tugas dan mekanisme kerja lembaga KMFEB. Untuk mencapai tujuan dan kesepakatan bersama antara lembga KMFEB . Dimana konsolidasi itu bertujuan untuk mengkoordinasikan masing-masing lembaga KMFEB untuk menunjukkan proker-proker yg sudah dilaksanakan sebelumnya dan proker-proker yang akan dilaksanakan kedepannya. Agar tidak terjadi pelaksanaan kegiatan dalam waktu yang sama untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

KONSOLIDASI II

Konsolidasi 1I berlangsung pada hari Jum’at 10 Februari 2017,bertempat di ruang sidang FEB UMY. Kegiatan ini di hadiri oleh semua lembaga yang ada di KMFEB. Sama seperti Konsolidasi 1, Konsolidasi 2 ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh komisi Pengawasan SEMA FEB UMY untuk mengoptimalkan kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan pembenahan, melancarkan tugas-tugas dan mekanisme kerja lembaga KMFEB. Untuk mencapai tujuan dan kesepakatan bersama antara lembaga KMFEB. Dimana konsolidasi itu bertujuan untuk mengkoordinasikan masing-masing lembaga KMFEB untuk menunjukkan proker-proker yg sudah dilaksanakan sebelumnya dan proker-proker yang akan dilaksanakan kedepannya. Kegiatan ini dilakukan  1 kali dalam setengah periode berjalan, dan konsolidasi 2 ini di lakukan setelah konsolidasi 1 berjalan. Kegiatan Konsolidasi 2 juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar lembaga KMFEB agar terciptanya hubungan kekeluargaan antara lembaga KMFEB yang harmonis.