Senat Mahasiswa

KOMISI INTERNAL

OPEN RECRUITMENT

Open recruitment berlangsung kurang lebih selama seminggu, yakni pada hari Senin sampai dengan Minggu, 10-16 Oktober 2016. Pada hari senin sampai dengan jum’at, SEMA membuka stand open recruitment di lobby D yang terbuka untuk seluruh mahasiwa baru maupun mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY. Stand dijaga tidak hanya oleh komisi internal, namun komisi yang lain juga ikut berpartisipasi. Mahasiswa baru bisa menanyakan tentang SEMA itu sendiri, kemudian mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

Pada hari Minggu, 16 Oktober 2016 di ruang kelas Gedung D selanjutnya diadakan wawancara terhadap mahasiswa yang tertarik berorganisasi di Senat untuk menyaring mahasiswa yang sesuai dengan klasifikasi yang kami inginkan. Pada tahap ini, pewawancara harus melewati 5 pos, masing-masing pos terdiri dari setiap komisi. Pos pertama komisi internal, pos kedua komisi pengawasan, pos ketiga komisi aspirasi, pos keempat komisi eksternal, dan pos terakhir adalah Badan Pengurus Harian (BPH). Pos pertama menguji kemampuan peserta dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dikarenakan kami membutuhkan SDM yang tidak hanya unggul dalam komunikasi namun juga islami dan mengerti agama. Pos selanjutnya membahas mengenai minat, bakat, dan komitmen masing-masing peserta. Setelah melewati tes wawancara, peserta diharapkan menunggu hasil tes selama kurang dari seminggu setelah tes yang akan ditempel di Sekretariat Bersama Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Akhirnya, terjaring 30 kosema dari tiga jurusan yang berbeda.

LKSM (LATIHAN KEPEMIMPINAN SENAT MAHASISWA) STRUKTURAL

Setelah kongresdilaksanakan untuk memilih ketua Senat Mahasiswa dan Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, kemudian masing-masing ketua memilih jajaran Badan Pengurus Harian dan strukturalnya. Begitu juga dengan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Cecep Widiyanto (Manajemen, 2014), setelah terpilih menjadi ketua Senat Mahasiswa periode 2016/2017, beliau memilih badan pengurus harian dan strukturalnya yang terdiri dari 4 komisi yang berisikan ketua komisi, sekretaris komisi, dan anggota. Struktural yang terpilih adalah kosema tahun lalu maupun delegasi dari himpunan mahasiswa jurusan.

Setelah terbentuknya struktural SEMA FEB UMY, Kami merasa perlu diadakan semacam pengakraban diri. Hal ini dikarenakan background dari masing-masing anggota yang berbeda-beda. Kemudian terlaksanakanlah salah satu program kerja dari Komisi Internal yaitu Latihan Kepemimpinan Senat Mahasiswa (LKSM) Struktural yang dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 29-30 Oktober 2017 di Kaliurang. Sasaran program kerja ini adalah internal Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan di dalam LKSM Struktural ini tidak hanya berhura-hura saja namun kami juga menyelipkan unsur Islami di dalamnya, seperti dengan melaksanakan sholat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, sampai dengan kajian keislaman yang disampaikan oleh salah satu dari struktural SEMA. Disamping menumbuhkan jiwa kepemimpinan, program kerja ini bermaksud untuk melantik struktural yang sudah terbentuk. Hal ini bertujuan agar masing-masing individu dapat melakasanakan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya dan dapat berkerja sama di dalam sebuah tim untuk mencapai tujuan organisasi.

LKSM (LATIHAN KEPEMIMPINAN SENAT MAHASISWA) STAFF

Setelah melewati proses wawancara open recruitment staff (kosema), telah terjaring 30 mahasiswa terpilih dari tiga jurusan yang berbeda, yakni akuntansi, manajemen, dan ilmu ekonomi. Mayoritas dari 30 kosema tersebut adalah mahasiswa baru angkatan 2016 dan beberapa diantaranya adalah angkatan 2015. LKSM Staff dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, o3-04 Desember 2016 di Pendopo Progo Parangtritis. Sasaran dari program kerja ini adalah Struktural dan Staff (Kosema) Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY. Selain itu, agar tidak terjadi kecanggungan sosial antara senior dan junior sehingga bisa saling bekerjasama dan bersinergi satu sama lainnya.

Kegiatan LKSM Staff ini hampir sama dengan LKSM Struktural, kami juga memasukkan nilai-nilai keislaman dengan cara melakukan shalat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, dan melakukan kajian islami. Setelah itu, kami mengenalkan tentang jajaran Pengurus Harian dan struktural yang berisi 4 komisi yaitu Komisi Internal, Komisi Eksternal, Komisi Aspirasi, dan Komisi Pengawasan serta menjelaskan peran dan fungsi masing-masing komisi. Hal ini bertujuan agar staff lebih mengenal strukturalnya dengan lebih baik dan mengetahui peran dari SEMA dalam setiap bidang untuk internal dari SEMA itu sendiri maupun eksternal SEMA. Selain itu, kegiatan yang ada di dalam program kerja ini adalah senam bersama untuk menjaga kesehatan dan untuk mengakrabkan seluruh anggota Senat Mahasiwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

UPGRADING 1

Senat Mahasiswa adalah lembaga legislatif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY. Sebagai anggota yang baru tergabung dengan Sema, Staff (Kosema) dipandang sangat perlu untuk memahami tentang legislatif itu sendiri. Maka dari itu, Senat Mahasiswa melalui salah satu komisinya yaitu komisi internal mengadakan Upgrading 1 yang bertujuan untuk meng-upgrade pengetahuan setiap anggota SEMA umumnya, dan Staff khususnya.

Upgrading 1 dilaksanakan pada hari Jum’at, 18 November 2016 di ruang sidang fakultas ekonomi dan bisnis. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama tiga jam yaitu pada Pkl. 15.00 sampai dengan 18.00 WIB. Upgrading 1 yang bertemakan legislatif ini dihadiri oleh seluruh jajajran BPH, Struktural, dan Staff SEMA FEB UMY. Pematerinya adalah Sdr. Irvan Ahsani mantan Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa tingkat Universitas. Seperti yang sudah kami paparkan diatas bahwa urgensi dalam program kerja ini adalah legislatif, sebagai badan legislatif adalah wajib hukumnya untuk mengetahui tentang legislatif itu sendiri. Selain menambah pengetahuan perihal kelegislatifan, Upgrading 1 dilaksanakan dengan serta merta menggabungkannya dengan Pelantikan Staff SEMA FEB UMY. Pelantikan tersebut berlangsung dengan cukup khidmat yakkni pada saat pembacaan ikrar yang dipimpinoleh Wakil Dekan II, Bapak Rizal Yaya dan kemudian diikuti oleh seluruh Staff SEMA FEB UMY.