Sambutan Dekan

Sambutan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Assalamu’alaikum warahmatullah wabaraktuhu

Selamat datang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY), selamat datang di fakultas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ekonomi dan bisnis dengan berlandaskan nilai-nilai islami. FEB adalah satu dari delapan fakultas di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 24 Rabi’ul Akhir 1401 H (1 Maret 1981 M). Pada saat ini FEB UMY menyelenggarakan pendidikan tinggi strata 1 di bidang ekonomi dan bisnis, meliputi prodi Manajemen, Prodi Akuntansi, dan Prodi Ekonomi Pembangunan yang semuanya telah terakreditasi “A” (Sangat baik).

Prodi Manajemen mempersiapkan lulusan yang mempunyai keunggulan kemampuan managerial dan entrepreneurship dengan berlandaskan etika yang kuat dan akhlak yang Islami. Prodi Akuntansi memiliki tujuan menghasilkan akuntan profesional di bidang akuntansi, berorientasi global, mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan bisnis di masa depan dan memiliki landasan etika dan akhlak yang Islami. Prodi Ekonomi Pembangunan mempersiapkan lulusan yang berakhlak Islami dengan penguasaan teori ekonomi yang kuat, analisis tajam, serta keahlian manajemen dan kewirausahaan yang baik.

Ketiga Prodi telah memiliki kelas khusus dengan bahasa pengantar dalam bahasa Inggris yaitu International Program on Management and Business (IMaBs); International Program on Accounting (IPAcc); International Program on Islamic Economics and Finance (IPIEF). Kelas khusus berbahasa Inggris memfasilitasi mahasiswa asing kuliah kuliah di FEB baik dengan skema full-time, credit transfer maupun dual degree. Di kelas-kelas khusus ini juga mengajar visiting Profesor yang didatangkan dari luar negeri antara lain Malaysia, Thailand, Taiwan, Australia dan Uni Eropa. 

FEB UMY merupakan fakultas yang kondusif bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi akademik, enterpreneur, intelektual, spiritual dan sosial civitas akademika dalam berbagai wadah dan kegiatan pengembangan keilmuan, minat dan bakat. Fakultas Ekonomi FEB UMY adalah fakultas telah menorehkan banyak prestasi di tingkat, nasional maupun internasional. Beberapa prestasi mahasiswa FEB UMY antara lain meraih dua medali emas saat PIMNAS 2014 di Universitas Diponegoro; juara 1 Sociopreneur di UGM tahun 2016; juara 1 berturut-turut tahun 2016 dan 2016 dalam kompetisi ekonomi syariah di Universitas Indonesia; best presenter di International Conference di Vietnam tahun 2017; best paper dalam Forum Riset Keuangan Syariah yang diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan RI 2016; juara 1 di Kompetisi Pasar Modal yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang tahun 2016 dan yang diselenggarakan oleh Universitas Atmajaya, Jakarta dan betbagai prestasi yang membanggakan lainnya di tingkat regional, nasional maupun internasional.

UMY memiliki tagline “Muda Mendunia”. Tagline ini mencerminkan walau secara usia lebih muda dari kampus-kampus besar lain di tanah air, UMY adalah kampus yang memiliki komitmen tinggi mendorong civitas akademikanya terus berkarya serta berprestasi hingga tingkat internasional. FEB UMY secara sistematis dan kontinyu telah menggerakkan civitas akademika (dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa) dalam berbagai program internasionalisasi berupa: training dan kunjungan ke luar negeri bagi tenaga kependidikan, mahasiswa dan dosen; credit transfer, inbound and outbound untuk mahasiswa; pendirian program internasional; visiting profesor dari luar negeri; sabbatical leave dosen; international research collaboration; penyelenggaraan joint internasional conference dengan universitas partner di luar negeri; dan publikasi dosen tingkat internasional di jurnal bereputasi.

Dengan kerja keras dan senantiasa berdoa pada Allah SWT, Insya Allah kita dapat mewujudkan cita-cita yang telah dicanangkan sebagai reputable economics and business faculty di tingkat internasional pada tahun 2021 dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Islam. Aamiin ya rabbal alamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuhu

Yogyakarta, 1 Januari 2018

Rizal Yaya, SE., M.Sc. PhD., Ak. CA.

Dekan