Untuk kesekian kalinya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang tergabung dalam komunitas Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) kembali memperoleh juara, kali ini dalam event Unnes Capital Market Competition 2017, yang diakhir bulan lalu juga memperoleh juara dalam perlombaan Stocklab Investival yang diadakan oleh OJK Yogyakarta.

Perlombaan yang dilakasanakan mulai tanggal 16-20 Oktober tahap penyisihan dengan sistem online diikuti oleh 162 tim dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Sementara itu untuk babak final yang dilaksanakan pada tanggal 2-4 November 2017  dipilih 12 tim dengan keuntungan terbesar, dua tim dari UMY masuk dalam 12 tim dengan keuntungan terbesar. Dalam babak final terdiri dari 4 babak penyisihan, seperti yang diungkapkan oleh Afdal Syafe’i salah satu anggota tim dalam rilis yang diterima “babak final terdiri dari 4 rangkaian lomba lagi, pertama babak Multiple Choice, kedua babak Lucky Test, ketiga babak Best Of The Rest, dan terakhir babak Beauty Contest ( presentasi analisis saham)”.

Tim dari Fakultas Ekonomi dan berhasil memperoleh juara, tim pertama dengan beranggotakan  Afdal Syafe’i (Manajemen, 2016) dan Sunan P Murpratomo (Ekonomi Pembangunan, 2016) berhasil menjadi juara 2, sementara untuk tim kedua dengan anggota Rudi D Amrianto (Ekonomi Pembangunan, 2014) dan Eko Wukagani (Ekonomi Pembangunan,  2014) berhasil menjadi Best Analist berdasarkan dari paper analysis yang mereka buat.

Afdal Syafe’i juga menambahkan “selama ini Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) yang merupakan komunitas resmi dibawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis selalu rutin mengiktui event-event perlombaan. Diakhir bulan Oktober lalu KSPM berhasil memborong juara 2 dan 3 dalam event Stocklab Investival yang diadakan oleh OJK Yogyakarta”. Dalam event tersebut KSPM mendelegasikan 4 mahasiswanya, namun hanya 2 mahasiswa yang bisa mendapatkan juara yaitu, Bima Anggara (Manajemen, 2015) sebagai  juara 2, dan Kurniadi (Manajemen, 2015) sebagai juara 3.

Hal itu sejalan dengan Visi dan Misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang selalu mendukung mahasiswanya untuk mengingkuti event-event kompetisi diberbagai bidang terutama bidang yang berkaitan dengan latar belakang keilmuan ekonomi. (Teguh)