Bank Indonesia 2nd East Java Economic Forum (EJAVEC) merupakan kegiatan Konferensi dan Call for Papers yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Surabaya bekerja sama dengan Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, pada Selasa, 15 Desember 2015 di FEB UNAIR Surabaya. Konferensi dan Call for Papers EJAVEC pada tahun 2015 ini merupakan kali kedua penyelenggaraan yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Pada tahun ini Call for Papers EJAVEC mengangkat tema “Resiliensi Perekonomian Jawa Timur di Tengah perlambatan Ekonomi Global dan Domestik”.

Adapun tujuan diadakannya Call for Papers EJAVEC ini adalah sebagai wadah ataupun forum pertemuan akademisi (dosen dan mahasiswa) se-Indonesia dalam upaya merumuskan strategi guna mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang inklusif dan berkesinambungan. Setelah mngikuti tahap seleksi abstrak, full paper, dan parallel session, mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yaitu Muhammad Anif Afandi berhasil mendapatkan penghargaan 10 Paper Terbaik Konferensi dan Call for Papers EJAVEC 2015 dengan judul papers “Akad Musyarakah Wal Murabahah sebagai Model Pembiayaan UMKM di Jawa Timur Menjelang MEA”.

Pemilihan judul paper tersebut dilatarbelakangi oleh potensi Jawa Timur dalam pengembangan Ekonomi Islam, dimana Jawa Timur merupakan provinsi dengan 90 persen warganya beragama muslim, memiliki 6.000 pondok pesantren, kesiapan UMKM Jawa Timur dalam menghadapi MEA, dan dukungan Gubernur Jawa Timur untuk menjadikan Jawa Timur sebagai pilot project pengembangan Ekonomi Islam di Indonesia.