IMG_0334

Tiga mahasiswa Akuntansi UMY berhasil menjadi juara 3 dalam Accounting Olympiad 2016. Accounting Olympiad adalah suatu ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi STIE YKPN Yogyakarta yang bertujuan untuk memotivasi para pelajar agar lebih giat dalam memperdalam ilmu yang sedang ditekuni serta mendorong para mahasiswa/ mahasiswi untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan di dunia luar dengan diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) akhir tahun 2015 lalu. Accounting Olympiad 2016 yang bertema ‘Battle Champions of Accounting to Create Brainy Generation” diselenggarakan tanggal 8 Mei 2016 yang diikuti oleh 21 tim dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Anggota tim dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terdiri dari Rara de Fanthera, Tri Widarti dan Mariasih mahasiswi akuntansi angkatan 2013.

Ajang Accounting Olympiad ini terdiri dari 3 tahap: Tahap pertama pengerjaan soal individu berupa soal multiple choice yang terdiri dari 50 soal dalam bentuk Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pada tahap pertama setiap anggota tim mengerjakan soal masing-masing yang kemudian nilai tersebut diakumulasi untuk menentukan tim yang masuk ke tahap kedua. Enam tim dengan nilai tertinggi akan masuk ke tahap kedua.

Tahap kedua adalah debat dengan topik yang sudah ditentukan oleh panitia, debat ini dinilai oleh 3 dewan juri dari dosen STIE YKPN untuk menentukan tim yang akan masuk ke tahap ketiga (final). Pada tahap debat ini, tim UMY sebagai tim pro dengan tim UAJY sebagai tim kontra dengan topik debat “Dampak Pemberlakuan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual terhadap Penyajian Aset dalam Laporan Keuangan Pemerintah”. Pada tahap debat tim UMY meraih akumulasi nilai tertinggi dengan urutan kedua tim dari UGM dan urutan ketiga tim dari UAJY. Nilai dari tahap debat ini digunakan untuk menentukan tim yang akan masuk ke tahap final.

Tahap ketiga adalah tahap final, pada tahap ini yang lolos adalah 3 tim yaitu tim UMY, UGM, dan UAJY. Tahap ini merupakan tahap cerdas cermat. Pada tahap ini, setiap tim menjawab soal wajib dan soal rebutan. Tahap cerdas cermat ini untuk menentukan tim yang meraih juara 1 dengan akumulasi nilai tertinggi dari soal wajib dan soal rebutan. Pada tahap ini, tim UMY meraih juara 3 dan juara 1 diraih oleh UAJY, juara 2 diraih oleh tim UGM.