ligaekonomi

Kegiatan LEM (Liga Ekonomi Mahasiswa) 2016 merupakan ajang kompetisi mahasiswa Perguruan tinggi se-Jawa. Sumandi, mahasiswa FE UMY yang juga direktur Komunitas Diskusi GESFID UMY (Ilmu Ekonomi 2013) dan  Ecky Imamul Muttaqin selaku anggota GESFID (Ilmu Ekonomi 2014) terpilih sebagai salah satu finalis 10 besar dalam even ini. Sepuluh delegasi tersebut berasal dari:

  1. Universitas Atma Jaya Jakarta
  2. Universitas Pendidikan Indonesia
  3. Universitas Jenderal Soedirman
  4. Universitas Pendidikan Indonesia
  5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  6. Universitas Negeri Yogyakarta
  7. Universitas Gadjah Mada
  8. Universitas Airlangga
  9. Universitas Budi Luhur Jakarta
  10. Universitas Negeri Semarang

Kegiatan berlangsung selama dua hari, dimulai pada Senin, 14 Maret 2016. Hari pertama ini dimulai dengan Seminar Nasional dengan menghadirkan pembicara dari Bank Indonesia. Pada malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan TM (Technical Meeting) guna mengkonfirmasi acara lomba Paper and Debate Competition yang akan diselenggarakan ke esokan harinya pada Selasa, 15 Maret 2016. Pada hari kedua merupakan rangkain inti acara LEM (Liga Ekonomi Mahasiswa) 2016. Acara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB di Hall Gedung Pertemuan UAJY. Pembukaan acara diawali dengan sambutan dari Kaprodi Ekonomi Pembangunan UAJY, yang sekaligus membuka secara resmi rangkaian acara LEM 2016. Kemudian setelah resmi dibukanya acara, setiap delegasi mempresentasikan Paper-nya secara berurutan sesuai dengan nomor urut yang telah ditentukan oleh panitia sebelumnya. Tim GESFID berada pada urutan ke lima.

Setelah semua delegasi mempresentasikan karya terbaiknya, tiba pada pengumuman empat delegasi dengan skor tertinggi. Empat ini terdiri dari UGM, UNY, UPI, dan UMY. Ke empat delegasi ini akan berkompetisi kembali pada tahap selanjutnya melalui Debat untuk memperebutkan Juara 1,2,3, dan Harapan 1. Pada sesi Debat ini UMY dipertemukan dengan UGM, sedangkan UNY dipertemukan dengan UPI. UMY satu satunya wakil delegasi Perguruan Tinggi Swasta yang lolos empat besar.

Tiba saatnya sesi rangkaian acara terakhir Liga Ekonomi Mahasiswa 2016 yaitu pengumuman pemenang. Pada pengumuman ini Dewan Juri memutuskan pemenang berdasar pada skor tertinggi penilaian akumulatif Karya Tulis, Presentasi , dan Debat. ALHAMDULILLAH….. Delegasi  UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA mendapat penghargaan sebagai JUARA III KOMPETISI LIGA EKONOMI MAHASISWA 2016. Berikut lampiran pemenang:

  • JUARA 1: UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA
  • JUARA 2: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
  • JUARA 3: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
  • JUARA HARAPAN 1: UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Prestasi ini menjadi kebanggaan bagi delegasi FE UMY, karena dapat berkontribusi bagi UMY. Semoga kemenangan ini menjadi motivasi bagi mahasiswa UMY untuk bisa mencintai dunia kepenulisan terutama kompetisi paper.