Untitled2

Seminar Nasional dan Call For Paper 2016 merupakan even berskala nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 13 April 2016. Tema dalam even ini adalah “ Pemberdayaan Sektor Riil Melalui Pengembangan Keuangan Inklusif”. Sektor rill terutama sektor industri memiliki peran yang penting dalam mendorong perekonomian indonesia. Oleh pemerintah indonesia, sektor indutri diharapkan menjadi sektor yang bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat indonesia dalam rangka menurunkan tingkat kemiskinan di indonesia. disamping itu, diharapkan industri dalam negeri mampu bersaing dengan industri negara lainnya terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2016.

Dalam kegiatan ini, delegasi UMY diberikan kesempatan untuk menyampaikan penelitian yang berjudul” Analisis daya saing Industri Indonesia dalam Menghadapi MEA dengan Index Revealed Comparative Advantage (RCA). Delegasi UMY ini merupakan anggota dari komunitas penelitian GESFID Fakultas Ekonomi UMY. Dalam even ini hanya delegasi FE UMY yang dari kalangan mahasiswa S1. Mahasiswa tersebut adalah Sumandi(Ilmu Ekonomi 2013), M Afrizal  R D (Ilmu Ekonomi 2013) dan Ecky Imamul Muttaqin(Ilmu Ekonomi 2014)  sedangkan universitas lain hampir semuanya memiliki pendidikan Magister(S2) sampai Doktor(S3).

Menurut Sumandi selaku delegasi UMY, “Kegiatan ini sebagai bentuk slogan UMY yang MUDA MENDUNIA. Kegiatan ini juga menjadikan kami dari delegasi UMY bisa menambah jaringan dari seluruh indonesia terutama dengan dosen-dosen dari universita lainnya. delegasi UMY ini merupakan binaan dari komunitas penelitian GESFID Fakulatas Ekonomi UMY. Komunitas ini berfokus untuk mengembangkan kualitas soft skill dan hard skill mahasiswa untuk siap berkompetisi tingkat regional, nasional dan internasional.