Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogykarta (FEB UMY) kembali meraih juara nasional dalam Economic Trading Competition. Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) tersebut berhasil meraih juara I dalam perlombaan yang diselenggarakan oleh Unversitas Katolik Atma Jaya Jakarta pada Jumat (17/11). KSPM merupakan salah satu komunitas resmi yang ada di FEB UMY.

Kedua mahasiswa tersebut yakni Al Resky (Manajemen 2014) dan Bagus Ardyan Putra (Ilmu Ekonomi 2015). Saat diwawancarai Biro Humas dan Protokol UMY pada Sabtu (18/11), Resky selaku ketua tim mengutarakan bahwa acara yang mengusung tema ”Build The Spirit of Investmen and Prepare Your Future Investment and be a Champion of Stock Trading Competition” merupakan acara perdana yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Atma Jaya Jakarta.

“Dari tema tersebut kami menganalisis salah satu perusahaan yang sedang berkembang yaitu PT Waskita Karya. Perusahaan tersebut kami analisis dengan menggunakan analisis top down (fundamental) yang mencakup makro ekonomi, analisis industri dan analisis perusahaan. Selain itu kami juga menggunakan analisis tekniknal, analisis chart, analisis indikator yang meliputi On Balance Volume (OBV) untuk menggabungkan harga dan volume,” ujar Resky.

Kembali ditambahkan Resky, perlombaan ini merupakan kompetisi yang kesekian kalinya diikuti oleh tim KSPM. “Alhamdulillah kami bisa meraih juara pertama dan membawa nama baik UMY di kancah nasional. Selama berproses untuk mengikuti perlombaan tersebut, kami selalu melakukan diskusi dengan tim KSPM maupun dengan dosen pembimbing. Adapun tahapan yang kita lalui yaitu kualifikasi online trading dengan peserta 30 tim dari universitas swasta maupun negeri. Selanjutnya, dari babak kualifikasi diambil menjadi 13 tim yang akan bersaing dalam mempesentasikan materi yang sebelumnya diusulkan. Selain itu, yang menjadi faktor penilaian dan pertimbangan dewan juri dalam menentukan juara yaitu analisis secara mendetail dan persentasi yang terperenci,” papar Resky.

Lebih lanjut Reskty menyampaikan para juara dalam kompetisi tersebut yakni juara 1 diraih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Juara II, III diraih Unversitas Katolik Atma Jaya Jakarta. “Harapan saya untuk kedepannya tim KSPM bisa kembali membawa nama baik UMY. Untuk para mahasiswa juga agar tetap semangat dalam mengembangkan soft skill dan hard skill dan yang paling penting banyak menabung dengan cara investasi saham dari sekarang juga,” tutup Resky.