Rudi D Amrianto Mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis prodi Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang tergabung dalam Kelompok Studi Pasar modal (KSPM), berhasil menjuarai AKA Thamrin Trading Competition 2017 yang di adakan oleh Himpunan Mahasiswa Analis Efek Universitas MH Thamrin Jakarta sekaligus kampus ini yang mempunyai konsentrasi dalam dunia pasar modal. Acara ini menjadi ajang tahunan yang bergengsi bagi mahasiswa, karena kompetisi ini diadakan sebagai salah satu program agar pilar edukasi dan inovasi kembali hadir untuk meningkatkan literasi keuangan khususnya investasi di pasar modal bagi generasi muda Indonesia.

Perhelatan kompetisi Trading ini dilakukan menggunakan akun virtual yang di support oleh virtual engine trading dari pihak sponsor. Semua peserta di beri dana awal sebesar Rp 200.000.000 untuk di tradingkan selama 1 bulan atau 20 hari perdagangan bursa, selain itu juga Trading pada kompetisi ini mempunyai ketentuan transaksi khusus pada saham LQ 45 (45 saham yang liquid/paling tinggi tingkat transaksinya).
Kompetisi tahunan yang mengusung tema ”Learning By Trading To Encance Your Skill”, Rudi mengatakan lebih lanjut bahwa “pada kompetisi tersebut para peserta harus mentaati semua peraturan tersebut dan yang melanggar akan di diskualifikasi. Sementara dalam melakukan investasi maupun trading saham harus melihat fundamental perusahaan, kondisi ekonomi global ataupun domestik, karena hal tersebut akan memberikan pengaruh atau sentiment yang cukup besar bagi pergerakan harga saham”.
Kompetisi yang melibatkan hampir 400 peserta dari 43 universitas di seluruh Indonesia, pada akhir periode kompetisi hanya mengambil peringkat 5 besar yang menjadi juara, dan Rudi dari KSPM FEB UMY berhasil meraih peringkat 2 yang mengumpulkan total dana Rp 243.814.300, sehingga mendapatkan capital gain hampir 44 juta rupiah. Untuk penyerahan hadiah dan trophy dilaksanakan pada 11 Maret 2017 di Main Hall Indonesia Stock Exchange Jakarta berbarengan dengan acara Investmen Discussion and Economic Analysis 2017 yang di hadiri oleh beberapa Direksi BEI, OJK dan Perusahaan yang terdaftar di bursa serta ratusan peserta seminar.
Dalam waktu dekat KSPM FEB UMY akan kembali mengikuti kompetisi pasar modal nasional yang diadakan oleh beberapa kampus di Indonesia. “semoga kami dapat kembali menoreh prestasi dan menjuarai kompetisi-kompetisi tersebut agar semakin mengharumkan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terkhusus keluarga, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Prodi Ilmu Ekonomi dan KSPM FEB UMY” Tutur Rudi.