kegiatanbem

SEMINAR KEWIRAUSAHAAN

Kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan & Bazar Festival dengan tema “Membangun motivasi Entrepreneurship di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN ini dapat terlaksana pada hari Senin-Selasa, 14-15 Desember 2015, bertempat di AR Fahrudin B UMY. Pembicara dari seminar ini adalah Setyawan Eka Rahmanta (Setyawan Tiada Tara sebagai Motivator Humor / Artispreneur), Chaerany Putri (Founder Gerakcepat.com / Sociopreneur), Sutejo.SIP (Direktur Larissa Aesthetic Center), dan Dr.Anggawira.MM (Ketua BPP HIPMI Bidang OKK). Motivasi kondisi ini melatarbelakangi Departemen Kewirausahaan BEM Fakultas Ekonomi UMY untuk merumuskan bahwa kegiatan ini sebagai jawaban dari tantangan perekonomian global yang harus dihadapi oleh para pemuda yang berwawasan, tangguh dan siap berperan aktif dalam berbagai perkembangan ekonomi secara global dalam menumbuhkan jiwa entepreneurship . Sehingga melalui seminar ini dengan narasumber yang ahli di bidangnya kita harapkan generasi muda melakukan perubahan paradigma berpikir dikalangan mahasiswa. Yaitu dari pola pikir sempit mencari kerja setelah lulus kuliah menjadi pencipta lapangan kerja yang berbasis pada usaha kecil dan menengah, sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Ngobrol Pintar Intelektual (NGOPI)

Ngobrol Pintar (NGOPI) adalah salah satu program kerja dari Departemen Kajian Strategi (DKS) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Departemen Kajian Strategi ini berorientasi pada kajian dan tanggap terhadap isu sosial dan problematika yang terjadi didalam kampus  maupun luar kampus. Tujuan dari kegiatan ini yaitu agar dapat membuka pikiran mahasiswa agar lebih kritis dengan permasalahan di indonesia dan berani beragumen atau mengeluarkan pendapat mengenai permasalahan di Indonesia. Agar mahasiswa lebih memahami permasalahan di indonesia sehingga mahasiswa dapat mengetahui apa yang harus dilakukan sebagai agent of change. kegiatan NGOPI dengan tema “Ekonomi Lingkungan” dilaksanakan pada hari Kamis 17 Desember 2015 dimulai dengan persiapan panitia dilanjutkan pembukaan acara, pembacaan kalam illahi, menyanyikan lagu mars muhammadiyah, lalu dilanjutkan sambutan ketua panitia, gubernur BEM FE UMY kemudian acara inti yang disampaikan bapak Ayif Fathurahman, S.E., M.Si. dan Cahyo Prabowo, S.E. yang dimoderatori oleh Marsudi Atmajaya lalu dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi lalu penutup.

 

GLADIATOR

Kegiatan Gladiator Competition 2015 Part 1 telah berjalan dengan lancar dengan 20 peserta yang mengikuti, dengan juara pertama yaitu Journal FC, juara dua yaitu Makalah FC, dan yang menjadi juara tiga yaitu Insyaallah FC. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, Sabtu & Minggu pada tanggal 4,5 & 6 Desember 2015. Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Lapangan Futsal UMY pukul 08.00 WIB. Seluruh rangkaian acraa dasarnya berjalan lancar sesuai dengan yang diinginkan. Hanya saja pembukaan kegiatan hanya dilakukan oleh Isfan Pratama selaku ketua panitia, karena terjadinya Miss Communication dengan pihak Dekan Fakultas Ekonomi. Namun, penutupan acara dan pembagian hadiah dihadiri oleh Bapak Dr. Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Akt. selaku Dekan Fakultas Ekonomi UMY. Beberapa kekurangan dan masalah dapat diatasi dengan baik. Kerjasama panitia sangat cukup membantu. Peserta kegiatan Gladiator Competition menyambut dengan baik acara ini. Diharapkan dengan terlaksananya acara“Gladiator Competition 2015 Part 1” dapat meningkatkan rasa sportivitas dan juga menjalin hubungan baik antar mahasiswa fakultas ekonomi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

TALKSHOW INDONESIA MENGAJAR GOES TO CAMPUS UMY

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan “Talk Show Indonesia Mengajar goes to campus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ”, yang diadakan pada Sabtu, 28 November 2015, pukul 08.00 s/d 11.30 WIB, di Gedung AR Fachruddin B Lt. 5 UMY. Pihak Indonesia Mengajar sangat mengapresiasi BEM FE UMY sebagai panitia penyelenggara, karena dapat menghadirkan peserta sebanyak kurang lebih 300 peserta yang sangat antusias dengan program-program yang diadakan oleh Indonesia Mengajar. Seiring dengan banyaknya sarana dan fasilitas pendidikan yang ada membuat hidup menjadi lebih mudah. Seringkali kita memudahkan hal tersebut, dan melupakan tujuan awal kita. Padahal diluar sana banyak saudara kita yang tidak beruntung dalam hal pendidikan,  mereka  tidak dapat merasakan nikmat fasilitas-fasilitas pendidikan seperti kita, yang salah  satu  nya adalah teman-teman yang tidak memiliki askes pendidikan. Banyak saudara-saudara kita yang tidak dapat mengakses fasilitas pendidikan ini sebenarnya memiliki daya kepandaian yang tinggi namun minimnya dan mahalnya fasilitas pendidikan dapat mereka akses.  Kami  bersama Indonesia Mengajar sebagai makhluk sosial melihat bahwa teman-teman yang berkebutuhan khusus kurang diperhatikan oleh masyarakat, sehingga kami ingin berbagi pengalaman dan bagaimana kita sebagai makhluk sosial dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dari kegiatan inilah, kami mengaharapkan kita semua dapat meresapi apa makna hidup dan lebih bersyukur dalam hidup ini.

SEMINAR NASIONAL & RAKERNAS XIII ISMEI

ISMEI adalah Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi, yang anggotanya adalah mahasiswa ekonomi seluruh Indonesia. Rakernas mengangkat tema besar yaitu “Muwujudkan Kemandirian Ekonomi Bangsa”. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi bekerjasama dengan Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi telah menyukseskan agenda yang berlangung selama tiga hari, 26 Oktober hingga 28 Oktober, tersebut yang terdiri dari beberapa rangkaian diantaranya seminar nasional, gala dinner dan rapat kerja. Dengan konsep acara yang menarik, Alhamdulilah sekitar 200 delegasi dari mahasiswa ekonomi yang berasal dari semua pulau di Indonesia. Sementara Seminar Nasional berlangsung dua hari pada tanggal Senin dan Selasa 26-27 Oktober di gedung Sportorium dan gedung AR Fakhrudin B, dengan menghadirkan sejumlah pembicara nasional diantaranya Dr. Ir. Ngakan Timur Antara, Feriyanto, M.Si., Angga Wira, Dr. Muliaman D. Hadad, Masyudi, dan lain lain serta dosen dari fakultas ekonomi Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahyono dan Rudy Suryanto, S.E., M.Acc.,Akt.  Dilanjutkan senin malam gala dinner bersama peserta Rakernas dari berbagai universitas di seluruh Indonesia yang bertempat di Lapangan Bintang UMY. Selain itu juga menampilkan berbagai macam tari kebudayaan dan band-band untuk menghibur para peserta. Puncak dari rangkaian kegiatan ini yakni rapat kerja yang dilaksanakan pada hari Rabu.

UPGRADING

Kegiatan Upgrading ini dilakukan pada Minggu, 5 Oktober 2015 di Pantai Kukup,  mengingat banyak sekali dari pengurus organisasi periode yang baru belum mengetahui tugas dan tanggung jawab mereka selama memegang amanah untuk menjalankan roda kegiatan organisasi, sehingga cenderung bekerja secara bebas tanpa tahu apa yang sebenarnya menjadi tanggung jawab mereka, sehingga banyak terjadi kesalah pahaman antar sesama pengurus sehingga kegiatan yang seharusnya menjadi agenda organisasi terbengkalai bahkan tidak direalisasikan. Kegiatan ini bertujuan agar kepengurusan tahun ini akan semakin kompeten didalam mengaplikasikanteori atau simulasi yang didapat dari kegiatan Upgrading ini. Hasil yang dicapai pada upgrading ini yaitu peningkatan mutu pengetahuan dan sebuah pemahaman baru mengenai kelembagaan dan arti serta esensi lembaga itu sendiri bagi pengurus Badan Eksekutif Mahaswa Fakultas Ekonomi UMY periode 2015-2016.

MAKRAB STRUKTURAL

Dalam rangka perkenalan dan menyambung tali silaturrahmi antara pengurus BEM FE UMY periode 2015/2016 maka Badan Pengurus Harian BEM FE UMY berinisiatif untuk menyelenggarakan agenda rutin BEM FE UMY yang bernama MAKRAB (Malam Keakraban), yang mana agenda ini didasarkan untuk proses adaptasi dan sosialisasi antar pengurus BEM FE UMY Periode 2015/2016. Kegiatan Makrab ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 3–4 Oktober 2015. Pembukaan dilaksanakan di penginapan Barokah, Pantai Kukup, Wonosari, Gunungkidul. Acara pembukaan dilaksanakan oleh Handayani Jaka Saputra selaku Gubernur BEM FE UMY. Seluruh rangkaian pada dasarnya berjalan lancar sesuai dengan yang diinginkan, tetapi terdapat sedikit perubahan jadwal dikarenakan waktu yang sedikit mundur. Beberapa kekurangan dan masalah dapat diatasi dengan baik. Kerjasama panitia sangat cukup membantu. Peserta dari structural BEM FE UMY melaksanakan kegiatan dengan penuh kegembiraan. Sebagian besar rangkaian acara sudah dapat terealisasi dengan baik.

Rapat Kerja (RAKER)

Acara Rapat Kerja merupakan salah satu program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki 5 Departemen yang terdiri dari Departemen Sosial dan Agama (DSA), Departemen Kajian dan Strategi (DKS), Departemen Seni dan Olahraga (DSO), Departemen Kewirausahaan (DKW) dan Departemen Media dan Komunikasi (DMK). Kegiatan Rapat Kerja ini berlangsung pada Kamis, 1 Oktober 2015, pukul 11.00 sampai dengan 14.00 WIB, di Ruang Sidang Student Center UMY. Raker  merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mempresentasikan hasil rapat tiap departemen guna mengetahui program kerja serta agenda-agenda yang akan dilaksanakan dalam satu periode ini. Semoga dari terlaksananya kegiatan Rapat Kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMY ini, diharapkan dapat melaksanakan kegiatan yang bermanfaat dalam kehidupan mahasiswa dan mempertanggungjawabkan setiap kegiatan yang dilaksanakan.

BAKSOS

Dalam rangka menyambut Idul Adha 1436 H, Departemen Sosial dan Agama (DSA) BEM FE UMY berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan yang bernama BAKSOS (Bakti Sosial), yang mana agenda ini didasarkan untuk membantu sesama manusia dan memeriahkan hari raya Idul Adha 1436 H. Alhamdulillah kegiatan Bakti Sosial Idul Adha dengan tema “Dengan Berbagi Kita Raih Rahmat Ilahi” ini dapat terlaksana pada hari Rabu 23 September 2015, di Desa Kranggan, Kulon Progo, Yogyakarta. Acara dimulai dengan persiapan dan briefing panitia dilanjutkan pembukaan oleh panitia dan kemudian diawali dengan memberikan sembako kepada masyarakat dan dilanjutkan dengan menyembelih hewan qurban bersama-sama masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial dimaksudkan sebagai salah satu tanggung jawab program kerja yang disahkan dalam rapat kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMY. Adapun tujuan dari kegiatan Bakti Sosial antara lain:

  1. Meningkatkan kepedulian antar sesama.
  2. Memberikan bantuan pada yang membutuhkan.
  3. Sarana untuk menyalurkan kepedulian mahasiswa.
  4. Untuk menumbuhkan jiwa sosial BEM FE UMY 2015/2016.