kegiatan-senatmhs

KONGRES KELUARGA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI

Kegiatan kongres  ini merupakan forum tertinggi bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi dalam pengambilan keputusan untuk menentukan kepemimpinan selanjutnya untuk lembaga Senat Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa FE UMY. Dalam kegiatan ini para mahasiswa Fakultas Ekonomi berkumpul dalam rangka menyamakan persepsi dalam menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban Kinerja Senat Mahasiswa FE UMY selama satu periode ini untuk melanjutkan tampuk kepemimpinan ke arah yang lebih baik. Kegiatan berlangsung dari hari Sabtu 11 Juni 2016 pukul 08.00 sampai hari Minggu, 12 Juni 2016 pukul 04.30. Dalam kegiatan ini terdapat 3 pleno persidangan yang mana harus diikuti oleh perserta sidang. Sidang pleno tersebut terdiri dari Sidang pleno I membahas tata tertib persidanga, Sidang pleno II membahas Laporang Pertanggungjawaban kepengurusan sebelumnya, dan Sidang Pleno III membahas GBHK, GBHO, AD/ART dan sidang pemilihan Ketua SEMA dan BEM FE UMY periode selanjutnya.

UPGRADING III

Acara upgrading  ini diadakan untuk menambah wawasan mengenai PEMIRA dan persidangan KONGRES secara menyeluruh. Kegiatan berlangsung pada tanggal 28 Mei 2016 dan dilaksanakan selama selama 4 jam di ruang D012 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pada acara ini KOSEMA dan PERS BEM mendengarkan pembicara I (Bambang Eka Cahya Widodo) tentang PEMIRA dengan ditutup sesi tanya jawab. Setelah mendengar pembicara I lalu para KOSEMA dan PERS BEM istirahat untuk menunaikan ibadah sholat ashar, kemudian masuk lagi ke ruangan D012 untuk pembicara II (Fendi Ardiansyah SE) tentang persidangan KONGRES dengan ditutup simulasi siding yang di pimpin oleh salah satu perwakilan KOSEMA dan PERS BEM. Acara selesai tepat pukul 17.00 WIB lalu namun sebelum itu acara ditutup dengan doa terlebih dahulu.

SEMINAR LEGISLATIF

Kegiatan SEMINAR LEGISLATIF merupakan salah satu aplikasi kegiatan dari SENAT Mahasiswa Fakultas Ekonomi (SEMA-FE) 2015/2016, kami sebagai pengurus SEMA-FE bermaksud untuk mengajak dan mengundang seluruh kalangan untuk bersama-sama berdiskusi, ataupun mendengarkan berbagai informasi yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan langkah-langkah konkrit selanjutnya terhadap permasalahan perekonomian Indonesia, demi terwujudnya ekonomi Indonesia yang mandiri. Maksud dan tujuan tersebut .kemudian dikemas dalam sebuah diskusi panel yang bertemakan "Reformasi Agraria Sebagai Fundamental Pembangunan Ekonomi Menuju Kemandirian  Dan Ketahanan Bangsa". Kegiatan berlangsung pada tanggal 23 Mei 2016 dengan target peserta 200 mahasiswa. 

Tetapi kegiatan ini tidak terlaksana dikarenakan pada hari tersebut ada acara Konvensi Pimpinan Muhammadiyah yang dihadiri oleh Presiden RI Ir.H.Joko Widodo sehingga semua kegiatan di Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta wajib diliburkan atau ditiadakan. Karena pemberitahuan dilakukan mendadak, menyebabkan panitia tidak bisa mencarikan tempat dan hari yang pengganti. Selain itu para pemateri seminar juga tidak bersedia mengisi, apabila terdapat berubahan hari sesuai yang telah ditentukan. 

SOSIALISASI LEMBAGA

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan kepada mahasiswa baru Fakultas Ekonmi mengenai peran Senat sendiri. Acara ini dikemas secara menarik sehingga para mahasiswa baru tertarik akan berorganisasi di Fakultas Ekonomi dan ingin mengetahui Senat lebih banyak. Sosialisasi lembaga ini dilaksanakan selama selama 1 minggu di ruang kelas masing masing jurusan pada awal mata kuliah atau setelah selesai kuliah, sehingga tidak mengganggu jam perkuliahan.  Kegiatan berlangsung selama 1 minggu pada tanggal 8 – 13 September 2015, di setiap ruang kelas mahasiswa baru terdapat beberapa kendala yang diluar rencana namun akhirnya kendala tersebut dapat dikendalikan sehingga acara berjalan sesuai susunan acara.

Pada acara ini berjalan dengan konsep memasuki setiap kelas sesuai dengan jadwalnya dan mensosialisasikan peran Senat itu sendiri. Selain itu, kita juga mencari ketua kelas untuk diadakan perekrutan anggota KOSEMA 2015/2016. Hal itu karena bertepatan dengan berjalannya program kerja open recrutment yang di adakan komisi internal untuk mencari anggota KOSEMA baru. Antusiasme para mahasiswa baru dapat terlihat jelas dari ketertiban yang diciptakan para mahasiswa baru sehingga tercipta suasana yang kondusif. Selain acara yang berjalan tertib keaktifan juga terlihat dalam acara ini, dengan banyaknya mahasiswa baru yang bertanya kepada struktural yang bertugas di setiap kelas yang di masuki sehingga diskusi menjadi hidup dan menarik.

SARASEHAN

Acara sarasehan ini bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi antar dekanat dan lembaga KMFE serta membahas mengenai pemira (pemilu raya). Dimana sebelumnya masih menggunakan system kongres yang masih kurang efisien karena dianggap sangat menyita waktu dan tidak kondusif. Maka dari itu fungsional dari organisasi dijalankan sebagai wadah menyalurkan aspirasi atau pendapat demi perubahan yang lebih baik di kalangan mahasiswa sebagaimana yang diinginkan. Sarasehan Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi berlangsung selama 3 jam, yaitu pukul 15.00–17.30 yang dilaksanakan  pada Hari Sabtu tanggal 30 April 2016. Acara ini dihadiri oleh tamu undangan yaitu BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan HMJ yang terdiri dari HIMA (Himpunan Mahasiswa Akuntansi), HIMAMA (Himpunan Mahasiswa Manajemen), dan HIMIE (Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi).

 

EKONOMI BERDIALOG

Ekonomi Berdialog merupakan salah satu dari bagian kegiatan yang  diadakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (SEMA FE UMY). Ekonomi berdialog ini merupakan salah satu media bagi mahasiswa untuk melatih ,mengembangkan potensi mahasiswa, melatih jiwa kepimimpinan dan salah satu cara untuk melatih berorganisasi serta menjadi wadah aspirasi mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk menjadikan FE UMY lebih baik dan juga diharapkan dapat menyambung tali silaturahi mahasiswa. Ekonomi Berdialog Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi berlangsung selama 5 jam, yaitu pukul 07.00-12.00 yang dilaksanakan pada Hari Rabu,tanggal 20 April 2016. Acara ini dihadiri oleh tamu undangan yaitu Dekan, Wakil Dekan 2, Kaprodi Manajemen, Kaprodi Ilmu Ekonomi, Kaprodi Akuntansi, Tata Usaha FE, DPM Universitas, IMM FE, BEM FE dan HMJ, beserta Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi yang ikut berpartisipasi dalam acara Ekonomi Berdialog untuk menyampaikan aspirasi mereka dengan harapan untuk membuat perubahan- perubahan yang akan menjadikan fakultas ekonomi menjadi lebih maju.

Hasil dari kegiatan ini yaitu Pemira sudah mendapatkan ijin dari dekanat dan sudah disetujui untuk dilakukan pada tahun depan. Keterlambatan dosen; jadwal matakuliah yang kurang tersusun; kondisi fasilitas-fasilitas yang masihkurang dan tidak sesuai dengan anggaran yang telah dibayar; tidak adanya trasparansi mengenai anggaran fakultas dengan mahasiswa; masalah yang sama sejak dulu dan belum adanya perbaikan; kurang tegasnya pada pelanggar tata tertib fakultas; dan pihak fakultas yang lebih fokus terhadap akademik sehingga menyampingkan sisi non-akademik. Aspirasi-aspirasi Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomiyang telah didengar dan dibahas tersebut akan ditindak lanjuti oleh pihak yang bersangkutan (pihak fakultas dan universitas).

FUNDAY SEMA FE UMY

FUNDAY SEMA FE UMY diadakan untuk menambah wawasan mengenai ke Islaman dengan bentuk pengajian dan menumbuhkan rasa kepedulian dengan bentuk membagikan nasi bungkus. Acara ini ber konsepkan menjadikan hari dengan berbaagi sehingga kebahagiaan dapat tercipta bukan hanya di dalam lingkup organisasi SENAT itu sendiri melainkan dapat keluar menyalurkan rasa syukur dalam bentuk menambah wawasan ke Islaman dan berbagi dengan masyarakat. FUNDAY ini dilaksanakan pada tanggal 3 April 2016 dari jam 15.30 – 20.00 WIB di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.  Acara ini berjalan dengan konsep Pengajian lalu dilanjutkan dengan Baksos. Pengajian mengenai Ke Islaman dikemas secara baik dan telah berhasil tersampaikan sampai di benak Struktural dan juga Kosema yang mengikuti kegiatan Funday. Antusiasme peserta dapat terlihat jelas dari ketertiban yang diciptakan peserta sehingga tercipta suasana yang kondusif. Selain acara yang berjalan tertib keaktifan juga terlihat dalam acara ini, dengan banyaknya peserta yang bertanya kepada bapak ustadz sehingga pengajian menjadi hidup dan menarik.