Mangrove 1

Kegiatan Konservasi Mangrove HIMAMA FE-UMY yang bertema “Satukan Tangan untuk Membangun Lingkungan demi Masa Depan” dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Februari 2016 di bantaran Kali Pasir, Dsn. Pasir Mendit, Ds. Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh sebagian besar pengurus Himpunan Mahasiswa Manajemen FE-UMY, peserta dan Pak Wasro Suwito selaku ketua Ketua Lembaga Pelestarian Hutan Mangrove dan Pesisir Wana Tirta.

Mangrove 2

Persiapan acara tersebut sudah dimulai sejak awal bulan Desember 2016. Setelah susunan kepanitiaan terbentuk, seluruh panitia melaksanakan rapat umum sebanyak 4 kali untuk membahas segala persiapan yang dibutuhkan demi suksesnya acara tersebut. Rapat terakhir dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2016 pukul 19.30 di Lab Manajemen yang diikuti oleh sebagian besar panitia. Hasil rapat tersebut mensepakati bahwa keberangkatan panitia dan peserta dibagi menjadi 3 kloter yaitu pagi jam 06.00 WIB bus yang berisikan peserta, beberapa panitia, dan perlengkapan, 06.15 WIB panitian yang menaiki motor, 06.30 WIB panitia yang menaiki motor.

Semua pemberangkatan yang dijadwalkan mengalami penundaan karena hujan turun pada pukul 05.45-06.30. Oleh karena itu pemberangkatan kloter pertama terlaksana pada pukul 07.00 yaitu beberapa panitia yang menaiki motor, kloter kedua pada pukul 07.30 bus yang bebarengan dengan beberapa panitia yang menaki motor. Kloter pertama sampai di rumah Pak Warso Suwito pukul 08.15 panitia langsung mempersiapkan pembukaan. Pembukaan mengalami keterlambatan karena menunggu peserta dan panitia yang berangkat pada kloterke dua. Pembukaan dilaksanakan pukul 09.00. setelah pembukaan panitia dan peserta diarahkan pak warso untuk mengambil bibit di beakang rumah setelah itu panitia dan peserta diarahkan menuju tempat penanaman.

Uploaded 1

Sesampainya dilokasi panitia dan peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk menanam di 3 tempat yang telah disiapkan panitia dan pak Warso Suwito sebelumnya. Karena hari mulai siang jadi air sudah mulai pasang, panitia dan eserta bersama-sama menanam mangrove. Penanaman melebihi target, yang awalnya direncanakan akan menanam 500 bibit ternyata lebih dari 500. Hal tersebut terjadi karena kesalahan informasi dari Pak Warso Suwito. Saat panitia diminta mengambil bibit di belakang rimah Pak Warso Suwito memberitahu jika satu ikat dibagi 2 orang, ternyata ada beberapa panitia yang membawa bibit menggunakan gerobak dorong, akhirnya bibit yan ditanam melebihi 500 bibit.

Uploaded 3

Kegiatan berjaan dengan lancar. Saat panitia dan peserta sedang Ishoma Pak Warso meminta 5 orang yang masih memakai baju konservasi untuk menanam mangrove lagi, hal tersebut terjadi karena ada wartawan dari Net TV yang ingin meliput kegiatan Konservasi Mangrove HIMAMA FE-UMY HIMAMA FE-UMY datang setelah kegiatan selesai. 7 orang mengikuti Pask Warso Suwito untuk melakukan take pengambilang gambar, setelah take ketua panitia diwawancarai seputar kegiatan Konservasi Mangrove HIMAMA FE-UMY yang dilakukan HIMAMA FE-UMY di bantaran Kali Pasir.

Uploaded 2

Kegiatan Konservasi Mangrove HIMAMA FE-UMY ditutup dengan penyerahan Plakat dari GM HIMAMA FE-UMY kepada pak Warso Suwito. Setelah itu paniitia dan peserta bersama-sama pulang.