Pedoman Penulisan

Pedoman Penulisan Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan (JESP) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

Format

  1. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dalam bidang kajian ekonomi dan studi pembangunan.
  2. Semua manuskrip harus diketik pada satu sisi kertas kualitas baik berukuran kwarto dengan dua spasi, kecuali untuk kutipan langsung yang diindent. Manuskrip harus dibuat sesingkat mungkin sesuai dengan subyek dan metodologi penelitian, biasanya antara 20-25 halaman, diketik spasi ganda.
  3. Marjin atas, bawah, dan samping harus dibuat paling tidak satu inchi.
  4. Untuk memungkinkan blind review, penulis tidak boleh mengidentifikasikan dirinya baik secara langsung maupun tidak langsung pada makalahnya.
  5. Sistematika penjenjangan atau peringkat judul artikel dan bagian-bagiannya dilakukan dengan cara berikut:
    • Judul ditulis dengan huruf besar semua, di bagian tengah atas pada halaman pertama.
    • Sub Bab Peringkat 1 ditulis dengan huruf besar semua di tengah/center.
    • Sub Bab Peringkat 2 ditulis dengan huruf besar-kecil rata tepi kiri.
    • Sistematika artikel hasil penelitian adalah:
      • Judul.
      • Nama penulis (tanpa gelar akademik); Nama dan alamat institusi,Alamat e-mail penulis.
      • Abstrak yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian; kata kunci(4-5 kata kunci).
      • Klasifikasi JEL (https://www.aeaweb.org/jel/guide/jel.php).
      • Pendahuluan(tanpa ada subjudul tambahan), yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian.
      • Metode.
      • Hasil dan pembahasan.
      • Penutup (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-judul Kesimpulan, Saran).
      • Daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  6. Sistematika artikel hasil pemikiran adalah:
    • Judul.
    • Nama penulis (tanpa gelar akademik); Nama dan alamat institusi, Alamat e-mail penulis.
    • Abstrak; kata-kata kunci (4-5 kata kunci); Klasifikasi JEL (https://www.aeaweb.org/jel/guide/jel.php).
    • Pendahuluan (tanpa ada subjudul) yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan.
    • Pembahasan (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-judul).
    • Penutup (dapat dibagi ke dalam beberapa sub-judul Kesimpulan, Saran).
    • Daftar rujukan (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  7. Halaman cover dari manuskrip yang dikirimkan harus menunjukkan judul tulisan, nama penulis, gelar dan jabatan serta institusinya, ucapan terima kasih dan catatan kaki yang menunjukkan kesediaan penulis untuk memberikan data.
  8. Semua manuskrip harus disertai dengan disket/file yang berisi manuskrip tersebut. Sebutkan jenis pengolah kata yang digunakan dan versinya.
  9. Halaman, semua halaman termasuk tabel, lampiran dan acuan, harus diberi nomor urut. Bagian pertama tulisan tidak boleh diberi judul dan halaman.
  10. Angka, lafalkan angka dari satu sampai sepuluh, kecuali jika angka digunakan dalam tabel atau daftar dan ketika digunakan dalam unit atau kuantitas matematis, statistik, keilmuan atau teknis seperti jarak, bobot, dan ukuran. Misalnya: tiga bulan, 8 kilometer, 10 tahun,semua angka lainnya disajikan secara numerik. Umumnya kalau dalam perkiraan, angka dilafalkan; misalnya: kira-kira enam bulan.
  11. Persentase dan Pecahan Desimal, untuk penggunaan yang bukan teknis gunakan kata persen dalam teks; untuk penggunaan teknis gunakan simbol%.
  12. Persamaan-persamaan yang digunakan disusun pada baris terpisah dan diberi nomor secara berurutan dalam parentheses (justify) dan diletakkan pada margin kanan sejajar dengan baris tersebut.

Abstrak

Abstrak ditulis satu paragraf sebelum isi naskah yang panjangnya 150 kata hingga 200 kata harus dicantumkan pada halaman terpisah sebelum teks. Abstrak dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak tidak boleh matematis dan mencakup esensi utuh perta­nyaan penelitian, metode, dan pentingnya temuan dan saran atau kontribusi penelitian.

Tabel dan Gambar

  1. Tabel atau gambar baik di dalam naskah maupun bukan harus diberi nomor urut.
  2. Tabel atau gambar disertai judul lengkap mengenai isi tabel atau gambar. Judul tabel diletakkan di atas tabel sedangkan judul gambar diletakkan di bawah gambar tersebut.
  3. Sumber acuan tabel atau gambar dicantumkan di bawah tabel atau gambar.
  4. Tabel dan grafik mudah dipahami tanpa harus melihat teks penje­lasan.
  5. Tabel dibuat dengan rapi sedangkan gambar harus dalam bentuk siap cetak.

Dokumentasi

  1. Perujukan sumber acuan di dalam teks dengan menggunakan nama akhir dan tahun. Sumber acuan ini juga harus ada di dalam daftar pustaka/references Kemudian bila merujuk pada halaman tertentu, penyebutan halaman setelah penyebutan tahun dengan dipisah titik dua. Penulis harus berupaya untuk mencantumkan halaman karya yang diacu. Untuk karya terjemahan dilakukan dengan cara menyebutkan nama pengarang aslinya.Contoh: Dalam teks: (Simanjuntak, 2002), dua penulis (Simanjuntak dan Muqorobin, 2001), lebih dari dua penulis (Simanjuntak et al.,2002), lebih dari dua sumber diacu bersamaan (Simanjuntak, 2001;2002).
  2. Apabila daftar acuan lebih dari satu tulisan oleh pengarang yang sama dalam tahun penerbitan yang sama, gunakan akhiran a, b, dan seterusnya setelah tahun pada acuan; contoh; (Simanjuntak, 2001a) atau (Simanjuntak, 2001a; Muqorobin,2002b).
  3. Jika nama penulis disebutkan dalam teks, tidak perlu diulang dalam acuan, contoh; “Simanjuntak (2001;105) mengatakan…”
  4. Acuan tulisan yang merupakan karya institusional sedapat mungkin harus menggunakan akronim atau singkatan sependek mungkin; contoh; (komite SAP, PSEI, 2005).
  5. Daftar acuan, Daftar acuan (rujukan), setiap naskah harus mencantumkan daftar acuan yang isinya hanya karya yang diacu, sedapat mungkin pustaka-pustaka 10 tahun terakhir. Sumber acuan diutamakan dari jurnal-jurnal ilmiah. Setiap manuskrip harus mencantumkan daftar acuan yang isinya hanya karya yang diacu. Setiap entri harus berisi semua data yang dibutuhkan. gunakan format urutan berikut ini:
    • Urutkan daftar acuan secara alphabet sesuai dengan nama akhir/keluarga, nama awal, nama tengah, pengarang pertama (tanpa gelar akademik) atau institusi yang bertanggung jawab atas suatu karya.
    • Tahun terbit harus ditempatkan setelah nama pengarang.
    • Judul jurnal tersebut tidak boleh disingkat, diletakkan setalah tahun penerbitan acuan.
    • Tempat penerbitan.
    • Tahun penerbitan.
  6. Kalau lebih dari satu karya oleh penulis yang sama urutkan secara kronologis tahun terbitnya. dua karya atau lebih dalam satu tahun oleh penulis yang sama dibedakan dengan huruf setelah tahun penerbitan. contoh: Mulyadi, 2003a, Mulyadi, 2003b

Contoh entri sebagai berikut:

Untuk Periodikal

Kim, Sukkoo. 1995. Expansion of Markets and The Geographic Distribution of Economi Activities: the Trends in US Regional Manufacturing Structure 1860-1987. The Quarterly Journal of Economics 12(4):15-27

Soepono, Prasetyo. 2001. Teori Pertumbuhan Berbasis Ekonomi (Ekspor): Posisi dan Sumbangannya bagi Perbendaharaan Alat-alat Analisis Regional. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Volume 16 No.1:12-25

Untuk Buku/Monograf

Arsyad, Lincolin. 1999. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE

Hoover, E.M. 1971. An Introduction to Regional Economics. 1st Edition. New York: Alfred A.Knopf., Inc.

 

Untuk majalah, makalah, tidak diterbitkan, disertasi/tesis/skripsi, makalah, dan sebagainya menyesuai­kan dengan pedoman di atas.

Pengiriman Artikel

  1. Artikel dikirimkan sebanyak 2 eksemplar hardcopy, dan softcopy berupa file. File artikel dikirim melalui email jesp@umy.ac.id dan jespjogja@gmail.com.
  2. Artikel yang dikirim wajib dilampiri biodata ringkas pendidikan, institusi dan alamatnya, nomor telpon kontak atau e-mail penulis.
  3. Penulis yang menyerahkan artikelnya kepada penyunting, harus memberikan keterangan bahwa naskah yang diajukan tidak melanggar hak cipta, belum dipublikasikan atau telah diterima untuk dipublikasi oleh jurnal lainnya.
  4. Redaksi mengutamakan artikel yang berupa hasil penelitian dan referensi yang banyak diacu berupa hasil penelitian atau jurnal/publikasi.
  5. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis atau melalui email. Penulis yang artikelnya dimuat mendapatkan jurnal tersebut.