Pedoman JAI

Pedoman Penulisan Jurnal Akuntansi dan Investasi (JAI) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ketentuan Umum :

  1. Artikel berupa hasil penelitian, pemikiran, analisis ilmiah, dan atau kajian teori dalam bidang akuntansi, keuangan dan investasi.
  2. Artikel yang dikirim ke jurnal tidak sedang dikirimkan ke jurnal/terbitan lain dan belum dipublikasikan dalam jurnal/terbitan lain.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Namun demikian, JAI juga menerima artikel yang ditulis dalam bahasa Inggris dengan mengikuti pedoman penulisan di JAI.
  4. Artikel dikirim dengan memuat nama penulis, institusi afiliasi, dan alamat surat elektronik. Artikel dikirim dalam bentuk softcopy dengan format Microsoft Word 2007, 2010 atau 2013 melalui email ke alamat: jai@umy.ac.id
  5. Artikel ditulis dengan format, margin 3 cm untuk rata kiri, kanan, atas, dan bawah. Ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1,5 rata kiri-kanan.
  6. Redaksi berhak mengedit tata bahasa dan ejaan naskah yang dimuat tanpa mengurangi atau mengubah maksud tulisan.

Ketentuan Sistematika Penulisan :

 

ARTIKEL BERASAL HASIL PENELITIAN DENGAN UJI HIPOTESIS STATISTIK
(PENELITIAN PENGARUH DAN HUBUNGAN ANTAR VARIABEL)

Artikel ditulis dengan urutan sebagai berikut:

 

ARTIKEL BERASAL HASIL PENELITIAN DESKRIPTIF DAN R&D

(PTK, PERANCANGAN SISTEM DAN DESKRIPTIF)

Artikel ditulis dengan urutan sebagai berikut:

Aturan-aturan Penulisan Lain :

 
Tabel, gambar dan grafik

 

Judul Tabel diberi nomor dan ditulis di bagian atas tabel dengan format huruf bold dan rata tengah (center) dengan disertai sumber (jika ada).

 

Judul Gambar diberi nomor dan ditulis di bagian bawah gambar dengan format huruf bold dan rata tengah (center) dengan disertai sumber (jika ada).

 

Judul Grafik diberi nomor dan ditulis di bagian bawah grafik format huruf bold dan rata tengah (center) dengan disertai sumber (jika ada).

Pengutipan

Kutipan dalam teks ditulis diantara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama akhir penulis, tahun dengan koma, dan nomor halaman jika dipandang perlu.

  1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Syafruddin, 2001); dengan dua penulis: (Habbe dan Hartono, 2000); lebih dari dua penulis: (Budiono et al., 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang berbeda: (Mardiyah, 2001; Kusumawati, 1999); lebih dari satu sumber kutipan dengan penulis yang sama: (Djakman, 1998; 2000).
  2. Jika kutipan disertai nomor halaman: (Brownell, 1981: 845).
  3. Jika pada referensi terdapat penulis dengan lebih dari satu artikel pada tahun yang sama, maka pada kutipan digunakan huruf a, b, .. setelah tahun. Contoh: (Joni, 2014a; 2014b) atau (Joni, 2014a; Daud, 2014b).
  4. Jika nama penulis disebutkan pada teks, maka nama tidak perlu disebutkan pada kutipan di dalam kurung. Contoh yang benar: "Alamsyah (1998) menyatakan ....". Contoh yang keliru: "Alamsyah (Alamsyah, 1998) menyatakan ...."
  5. Sumber kutipan yang berasal dari pekerjaan suatu institusi sebaiknya menyebutkan akronim institusi yang bersangkutan misalnya (IAI, 2008).

Kutipan secara langsung dan persis dari referensi yang diacu (tidak menggunakan parafrase) dengan jumlah baris sama dengan lebih dari empat baris ditulis agak menjorok kekanan dengan spasi tunggal (satu). Contoh:

Mulyadi (2011) mengemukakan:

“Materialitas adalah besarnya nilai yang dihilangkan atau salah saji informasi akuntansi, yang dilihat dari keadaan yang melingkupinya, dapat mengakibatkan perubahan atas atau pengaruh terhadap pertimbangan orang yang meletakkan kepercayaan terhadap informasi tersebut, karena adanya penghilangan atau salah saji itu.”

 

Gaya Penulisan Daftar Pustaka

Gaya daftar pustaka di JAI mengacu pada Harvard style. Sangat dianjurkan penulisan daftar pustaka menggunakan softwere sitasi. Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun alfabetis sesuai dengan nama belakang penulis atau nama institusi. Contoh:

Aturan Penulisan Judul Dan Sub Judul

JUDUL UTAMA
Judul Bagian
Sub Judul
Sub dari sub judul

 

CATATAN KAKI

Catatan kaki dipergunakan hanya untuk memberikan penjelasan/analisis tambahan, yang apabila digabung ke naskah akan mengganggu kontinuitas naskah. Dengan demikian catatan kaki tidak dipergunakan untuk referensi. Catatan kaki harus diberi nomor urut dicetak superscript. Teks dari catatan kaki diketik dengan font 10 rata kiri-kanan.

 

KEBIJAKAN REPRODUKSI

Artikel yang telah dipublikasi di JAI menjadi hak cipta Prodi Akuntansi FE UMY. Untuk tujuan edukatif, isi dari JAI dapat dikopi atau direproduksi selama menyebutkan sumber dari artikel tersebut. Permintaan tertulis harus diajukan kepada Editor untuk memperoleh ijin mereproduksi isi dari JAI untuk tujuan lainnya selain tujuan edukatif. Isi tulisan Artikel tidak menjadi tanggungjawab JAI karena JAI hanya berlaku sebagai penerbit saja.

 

KEBIJAKAN ATAS KETERSEDIAAN DATA

Konsisten dengan tujuan dari JAI, penulis artikel diharapkan dapat memberikan data yang dimilikinya kepada yang memerlukannya dan memberikan informasi cara memperoleh data tersebut.