Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

BIDANG EKONOMI KEWIRAUSAHAAN

STAND ETALASE BUKU IMM FEB

Dalam rangka menyemarakkan acara UMY FAIR 2016, bidang Ekonomi Kewirausahaan (Ekowir) IMM FE UMY membuka stand pameran buku yang dinamakan ”stand etalase buku IMM FEB”. Stand ini berisikan pameran buku dengan berbagai jenis buku umum dan buku kuliah yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 september 2016. Kegiatan ini di selenggarakan oleh BEM KM UMY dan KORKOM IMM UMY bertempat di sportorium UMY. Tujuan dibukanya stand buku ini adalah untuk kembali mengajak para mahasiswa sebagai agen perubahan untuk kembali menggiatkan budaya membaca terutama untuk seluruh mahasiswa UMY yang datang di acara tersebut. Selain menyediakan buku buku bacaan umum, kami juga menyediakan berbagai buku kuliah khususnya buku perkuliahan untuk para mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis agar tidak susah dan repot untuk mencari buku buku kuliah untuk tahun akademik yang baru kemarin.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini, dimulai dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Selama acara berlangsung, bidang Ekowir banyak menerima berbagai pesanan buku kuliah dari para mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis sehingga dapat menambah pemasukan untuk organisasi agar menjadi lebih mandiri dalam hal pendanaan. Selain itu berbagai buku umum yang kami pajang di stand banyak menarik pengunjung untuk mampir ke stand IMM FE untuk membaca dan melihat-lihat berbagai buku yang tersedia.

STAND ETALASE BUKU LOBY D

Kegiatan ini dilaksanakan di loby D setiap hari rabu minggu pertama setiap awal bulan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memfasilitasi seluruh mahasiswa ekonomi untuk mendapatkan buku yang bagus, berkualitas dan tentunya sesuai dengan kantong mahasiswa. Dalam kegiatan stand buku ini, hanya disediakan buku bacaan umum bagi mahasiswa, karena sebagai mahasiswa sudah sebaiknya dan sepantasnya tidak hanya mengetahui disiplin ilmu yang digeluti saja. Alangkah baiknya jika membaca untuk menambah pengetahuan dan ilmu dari berbagai disiplin dan bidang.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Selama beberapa bulan pembukaan stand etelase buku, IMM FE mengalami pasang surut pengunjung. Terkadang dibulan tertentu sangat ramai namun di lain bulan sepi pengunjung. Tetapi akhir-akhir bulan ini, IMM FE menerima banyak pengunjung dan banyak peminat pembeli buku dari kalangan mahasiswa FEB, bahkan bulan desember yang lalu berhasil menjual banyak buku kepada mahasiswa, hal ini menunjukkan bahwa tujuan IMM FE dalam menyediakan fasilitas bagi mahasiswa FEB untuk mendapatkan buku bacaan yang bagus, berkualitas dan ekonomis mulai mendapatkan tanggapan yang positif dikalangan mahasiswa FEB. Hal itu membuat IMM FE akan terus melanjutkan kegiatan ini kedepan dengan fasilitas buku yang semakin banyak dan menarik bagi mahasiswa.

LAUNCHING PRODUK MR. KRING

Pada bulan desember yang lalu kami membuat dan melaunching sebuah produk bernama Mr. Kring yang merupakan singkatan dari kri=kripik ng=pisang. Mr. Kring ini merupakan sebuah produk makanan ringan atau snack makanan tradisional Indonesia yang sangat terkenal dan familiar yakni keripik pisang yang kami tambah inovasi dengan berbagai varian rasa yang menarik dan tentunya nikmat dan enak. Pada tanggal 26 Desember 2016 lalu, kami memperoleh kesempatan untuk mengenalkan produk kami dalam acara bazar kewirausahaan yang diselenggarakan oleh BEM FEB UMY yang bekerjasama dengan HIMIE yang bertempat di lapangan bintang UMY. Acara tersebut berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Selama acara berlangsung kami berhasil menjual beberapa produk dan menghasilkan pendapatan yang lumayan. Alhamdulillah acara ini dapat bejalan lancar dan sesuai dengan apa yang kami harapkan. Untuk kedepan kami mengharapkan produk yang kami tawarkan mendapatkan sambutan yang lebih banyak dan bagus lagi dari kalangan mahasiswa UMY umumnya dan kalangan mahasiswa FEB khususnya.

BIDANG HIKMAH

BEDAH BUKU

Agenda rutin diskusi  bedah buku dua bulan satu kali dengan targetan 3 judul buku terlewati. Untuk 3 judul buku yang pertama adalah Geneologi Kaum Merah kedua, Kelahiran Yang di Persoalkan dan ketiga, Taksekedar Merah. Tujuan diselenggarakannya agenda bedah buku adalah untuk memberikan pemahaman kader untuk bagaimana kader memahami identitas dan nilai gerakan yang sudah mereka pijaki. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat (26/11/2016) pukul 13.00-21.00 WIB dengan prosedur pembahasan satu pemantik satu bab. Total bab dalam buku GKM ini adalah enam bab di bahas tuntas dengan didampingi moderator. Diskusi berjalan hidup dengan hadirnya tiga angkatan kader yaitu kader  baru (2016), kader tengah (2015) dan kader pimpinan  (2014)  yang berkolaborasi menyumbangkan ilmunya melalu opini atau pendapat dari setiap masing-masing bab yang di bahas.

HARI BESAR NASIONAL

Acara Panggung Pemuda yang bertempatan di UMY boga ini mengusung tema “Aku Bukan Pemuda Bisu”. Acara ini diselenggarakan tepat satu hari setelah hari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Terdapat beberapa rangkaian acara, yang pertama, long march dengan menyanyikan berbagai lagu nasional yang dilakukan dari titik kumpul lobby FH menuju taman batu fisipol. Kedua, puncak acara yaitu Panggung Pemuda yang bertempatan di UMY boga yang berkonsepkan masing-masing komisariat bebas berkreasi baik itu puisi, orasi maupun nyanyian. Acara ini merupakan bentuk penghargaan kami selaku pemuda dan pemudi jaman sekarang akan jasa para pemuda dan pemudi dalam melawan ketertindasan pada masa kolonial belanda. Dengan harapan tinggi bagi pemuda dan pemudi yang melihat kreativitas kita, mendengar orasi kita dan melihat antusias kita dapat menggetarkan hati mereka dan kembali ingat akan fungsi mereka sebagai pemuda dan pemudi bangsa ini.

TRAINING POLITIK

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24-25 Desember 2016 di Pantai Glagah Kulon Progo. Bidang Hikmah berkerja sama dengan Bidang Organ dan Bidang Kader dimana dalam waktu dua hari terdapat dua acara sekaligus yaitu Training Politik dan Sekolah Retorika. Kami sepakat dua acara ini memiliki hubungan atau keterkaitan satu sama lain sehingga ketika kita kombinasikan tidak akan mengurangi esensi dari masing-masing acara. Maksud diselenggarakannya acara ini adalah sebegai bentuk bekal bagi pemahaman kader tentang Politik. Mengacu kepada ungkapan yang menyatakan bahwa  “kader Muhammadiyah itu tidak berpolitik namun kader Muhammadiyah tidak buta akan politik”. Acara ini melingkupi ranah nasional mengenai Pemilu atau pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden RI. Kami mengelompokkan seluruh kader 2016 dan kader 2015 menjadi tiga kelompok yang menjadi tiga partai yang masing-masing mengajukan bakal calon presiden dan wakil presiden lengkap dengan visi-misi calon dan visi-misi partai.

AKSI SUARA RAKYAT

Aksi ini berlangsung pada hari Kamis (12/01/2017) pukul 13.30 hingga 17.00 WIB di 0 km dengan bergabung dengan Aliansi IMM Kota Yogyakarta. Terdapat dua rangkaian aksi, pertama long march dengan titik temu awal di parkiran Abu Bakar Ali menuju jalan satu arah malioboro dengan menyanyikan beberapa lagu nasional dan lagu identitas IMM serta melakukan orasi disetiap titik pemberhentian kedua, teater singkat dan orasi yang menjadi puncak aksi pada hari itu di titik nol km. Aksi di titik Nol km berkonsepkan aksi damai kami duduk melingkar di tengah-tengah yang diisi dengan masing-masing komisariat menyumbangkan teater maupun orasi. Aksi damai yang bertemakan “Tunduk tertindas atau Bangkit Melawan” merupakan bentuk aksi bela rakyat dengan press realase pertama. Hal ini dimaksudkan agar mendesak pemerintah untuk secara makro mampu hadir dan menyelesaikan persoalan 'pangan' mengingat carut marutnya penetapan harga, campur tangan modal nasional, utang negara, dan penanaman modal asing negara, serta penyerahan harga ke pasar. Tuntutan tersebut disampaikan melaului orasi sepanjang jalan Malioboro dan nol km dengan pembagian per point yang telah dibagikan pada masing-masing komisariat. Untuk IMM FE UMY mendapatakan poin terakhir, Stabilitasi kebijakan subsidi dan pengalokasian termasuk rasionalisasi kenaikan subsidi dan non subsidi dalam penyampaiannya kami memepersiapkan beberapa orator dan puisi. Orator berhasil disampaikan oleh IMMawan Affan Ghafar kader 2015 dan puisi disampaikan oleh IMMawan M.Fauzi dan IMMawan Ahmad Rais kader 2014.

BIDANG MEDIA DAN KOMUNIKASI

MAJALAH DINDING (MADING)

Mading atau majalah dinding dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Mading dengan judul “Apa Kabar Sumpahmu Wahai Pemuda” ini terdiri dari enam konten yang mendorong mahasiswa untuk mengkritisi perilaku pemuda Indonesia saat ini. Seperti pada periode sebelumnya, mading IMM terletak di loby gedung D UMY. Proses pembuatan mading ini dilakukan oleh semua anggota bidang Medkom IMM FE dengan penanggung jawab Immawan Adam dan Immawati Riska. Beberapa konten ditulis oleh anggota IMM FE dari bidang lain.

Mading kali ini mengangkat tema sumpah pemuda karena banyaknya pemuda Indonesia yang tidak peduli dengan berbagai keadaan di Indonesia. Banyak mahasiswa yang saat ini telah melupakan arti pentingnya sumpah pemuda Indonesia, mereka lebih mengutamakan kepentingan sendiri dan telah terpengaruhi oleh dampak negatif teknologi. Awal pembuatan mading ini dilakukan dengan rapat penentuan tema pada pertengahan Oktober. Kemudian dilanjutkan pembuatan background mading sampai isi konten yang selesai pada tanggal 26 Oktober 2016 dan yang terakhir adalah penentuan judul dan penyelesaian mading pada tanggal 27 Oktober 2016, sehingga sudah dapat dibaca pada tanggal 28 Oktober tepat pada hari sumpah pemuda.

KUNJUNGAN REDAKSI TIRTO.ID

Kunjungan redaksi ke Tirto.Id ini beralamat di Jalan Mataraman 1, Maguwoharjo Depok, Sleman, Yogyakarta (28/11/2016). Kunjungan redaksi merupakan bagian dari agenda rutin bidang Medkom setiap tahun. Guna menambah wawasan tentang keredaksian dan menjadi evaluasi sendiri bagi bidang Medkom untuk melangkah keranah yang lebih serius kedepannya dalam memperbaiki media dan publikasinya. Kunjungan yang berdurasi sekitar 120 menit ini berdiskusi tentang riset. Agung yang merupakan bagian dari Pimred dari Tirto cabang Jogja menjelaskan bahwa dari angka yang berupa data kita bisa memunculkan isu. Data adalah sumber informasi segala yang ingin kita ketahui. Riset tidak hanya diperlukan dalam hal kepenulisan. Tetapi, dalam hal desain. Riset berguna untuk membuat hasil desain lebih cocok dengan tema pembahasan, sehingga antara desain dengan tema pembahasan tidak rancu.

Melalui kunjungan redaksi ini dapat menggungah pemikiran mahasiswa dan lebih menjadikan media IMM FE lebih kritis dalam menanggapi permasalahan-persamalahan sekitar, dan menjadi media informasi yang tampil dengan wajah yang berbeda dari media media lainnya. Terutama dalam hal riset dan memberi celah baru kepada kader IMM FE untuk memperbaiki kekurangan kita khususnya pada bidang Medkom.

KUMPUL CERIA

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 13 Oktober 2016 dengan tema “Membiasakan Yang Benar, Jangan Membenarkan Yang Biasa”. Tujuannya adalah untuk berbagi ilmu dan berdiskusi tentang berbagai ilmu yang berkaitan dengan literasi. Kegiatan ini dihadiri oleh kader 2014 dan kader 2015 dengan pemateri Immawan Fathi Djunaedi. Dalam memberikan materi tentang kepenulisan, Immawan Fathi menjelaskan tentang berbagai teknik kepenulisan seperti artikel dan opini. Beliau menjelaskan bahwa cara paling mudah untuk memahami bacaan kita, adalah dengan menulis. Selain itu beliau juga membahas tulisan-tulisan para kader yang telah diposting dalam blog IMM FE dan memberikan masukan serta saran kepada penulisnya. Peserta yang ikut kumpul ceria juga bebas bertanya dan berdiskusi tentang berbagai materi kepenulisan yang kurang dipahami, seperti bagaimana agar bisa membuat judul yang menarik agar pembaca tertarik untuk membaca tulisan, dsb.

“Menulislah supaya tetap waras” itulah pesan yang disampaikan Immawan Fathi kepada seluruh peserta sebelum mengakhiri acara kumpul ceria. Melalui kata-kata tersebut diharapkan para kader IMM FE akan semakin aktif dalam menulis walaupun dimulai dari tulisan-tulisan sederhana. Acara tersebut diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta dan pemateri.

BIDANG SENI, BUDAYA, DAN OLAHRAGA

OLAHRAGA (FUTSAL DAN BADMINTON)

Olahraga futsal dan badminton diadakan rutin secara bergantian setiap minggunya. Untuk badminton dilaksanakan di GOR Supriyati (Wates) setiap hari selasa pukul 15.00 hingga 17.00 WIB atau dua jam booking, sedangkan futsal dilaksanakan di tempat kondisional, rutinnya di lapangan futsal Dolano atau lapangan futsal Semar pada hari rabu pukul 20.00 hingga 22.00 WIB atau dua jam booking.

Diadakannya agenda olahraga baik futsal maupun badminton ini adalah untuk menunjang bakat yang dimiliki kader, sebagai wadah untuk ikut menjaga kesehatan kader, dapat meredakan atau menghilangkan ketegangan kader setelah perkuliahan, menciptakan kebersamaan, melatih kerjasama dalam tim dengan, dll. Agenda olahraga badminton dapat diikuti baik oleh immawan maupun immawati, namun untuk olahraga futsal hanya sebatas untuk immawan saja.

 

IMM SEHAT

Agenda ini lebih bersifat fleksibel. Maksudnya, kegiatan IMM Sehat dapat diisi dengan jenis olahraga lain seperti jogging atau senam. Tidak hanya olahraga, tapi juga dapat diisi dengan permainan seperti mini outbond, gaya hidup sehat seperti bersih-bersih, dll. IMM Sehat dilakukan pada hari minggu pagi yaitu pukul 06.00 WIB hingga selesai, namun hanya dua kali dalam satu bulan yaitu pada minggu pertama dan minggu ketiga. Untuk meeting point, biasanya berkumpul di area Sportorium UMY bagian timur.

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan sosial, dengan IMM Sehat dapat melatih para kader untuk membiasakan bangun pagi atau memulai aktivitas di pagi hari dengan menghirup udara yang masih segar. Ketika mampu untuk beraktivitas di pagi hari, diharapkan pula dapat meminimalisir kemalasan yang mungkin timbul pada kader.Selainitu juga, IMM Sehat dirasa mampu menjadi salah satu wadah untuk membangun kerjasama antar individu dan/atau tim serta meningkatkan intensitas komunikasi antar kader.

TADABUR ALAM

Kegiatan ini bertujuan untuk mencari pengetahuan diluar kampus serta sebagai wadah ber-refreshing bagi kader agar tidak bosan dan mengurangi ketegangan terhadap bangku perkuliahan. Oleh karena itu, tadabur alam dilaksanakan diluar kampus dan dilaksanakan secara kondisional yaitu dengan melihat waktu luang dan keadaan dari para kader atau minimal satu kali dalam satu bulan.

Tempat yang dikunjungi dapat berupa situs bersejarah seperti museum atau bangunan bersejarah. Tujuannya agar dapat mengerti atau paling tidak mengetahui sedikit sejarah di kota Yogyakarta ini. Di semester ganjil ini, Ahad 27 November 2016, IMM FE telah bertadabur alam dengan mengunjungi kraton yogyakarta. Destinasi berikutnya dapat berupa wisata alam seperti pantai, pegunungan, hutan lindung, dll atau tempat yang khas dengan seninya, seperti padepokan lukis, padepokan tari tradisional, pelatihan & pertunjukan teater, musium kesenian, tempat pembuatan produk-produk seni, dll.

DIORAMA

kegiatan ini terbagi menjadi tiga yaitu diorama drama/teater, diorama musikalisasi puisi, dan diorama akustik. Anggota atau yang mengikuti diorama ini terbatas hanya untuk kader IMM FE UMY saja. Untuk latihan, biasanya diadakan setiap minggu pada hari jumat pukul 18.30 WIB dengan tempat di area kampus. Diorama memiliki akun sosial media instagram dengan id @officialdiorama. Saat ini, diorama belum memiliki pelatih. Namun, untuk kedepannya diharapkan sudah memiliki pelatih sehingga kemampuan seni yang dimiliki kader dapat lebih baik dan berkembang, serta dapat menampilkan seni dengan baik di publik. Penetapan penampil dari diorama masih hanya dipilih oleh bidang seni, budaya, dan olahraga (SBO) saja atau belum memiliki anggota tetap.

Sejauh ini, diorama lebih banyak mengambil job di acara yang diselenggarakan di dalam kampus atau oleh sesama komisariat dari IMM cabang AR Fachruddin. Seperti yang sudah pernah ditampilkan pada saat Mataf (Masa Ta’aruf) Fakultas, NGOPI (BEM FEB), dana abadi ummat, jagongan anti korupsi, dll.