Ilmu Ekonomi

Ekonomi Keuangan dan Perbankan Islam / Ilmu Ekonomi

Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berdiri pada tahun 1999. Pada tahun 2011 Program Studi Ilmu Ekonomi memperoleh Akreditasi A Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011. Program Studi Ilmu Ekonomi FE UMY merupakan Program Studi yang pertama kali menyelenggarakan program pendidikan Ekonomi Keuangan dan Perbankan Islam dengan status dibawah kementeran Pendidikan Nasional.

VISI

“Menjadi Program Studi Ilmu Ekonomi yang Unggul dan Islami di Kawasan ASEAN Pada Tahun 2020”

MISI

Menyelenggarakan pendidikan dengan nuansa ilmiah dan Islami untuk membentuk sarjana ekonomi Islami yang berakhlak mulia dengan penguasaan teori ekonomi yang kuat dananalisis yang tajam berdaya saing internasional.

Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan di bidang ilmu ekonomi untuk kemaslahatan umat.

Melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat bagi terwujudnya kemaslahatan umat yang berkemajuan.

Memperluas kerjasama bertaraf nasional maupun Internasional untuk mewujudkan Program Studi yang menjadi rujukan dalam pengembangan ilmu ekonomi Islam.

TUJUAN

  1. Membentuk sarjana ekonomi Islam yang berakhlak mulia dengan penguasaan teori ekonomi yang kuat, analisis yang tajam, serta keahlian manajemen dan kewirausahaan yang baik.
  2. Memperkuat muatan nilai-nilai ajaran Islam di dalam teori ekonomi.
  3. Membangun kondisi kerja yang kondusif bagi semua civitas akademika Program Studi Ekonomi Pembangunan FE-UMY.
  4. Membangun kerjasama yang bertaraf Internasional dalam pengembangan kegiatan akademik.

SISTEM TATA KELOLA

Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling, serta operasi internal dan eksternal. Rencana tahunan (planning) Program Studi Ilmu Ekonomi disusun melalui mekanisme bottom-up di tingkat program studi yang didasarkan pada rencana strategis UMY, Arah Kebijakan Umum, proses bisnis dan tema tahunan yang ditetapkan pada Rapat Kerja Tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas setiap menjelang akhir tahun kegiatan akademik. Pengorganisasian (organizing) sumberdaya dilakukan melalui mekanisme rapat dan pengembangan SOP. Pengembangan dosen (staffing) dilakukan melalui pendidikan formal dan informal. Pelaksanaan kegiatan (leading) program kerja Program Studi Ilmu Ekonomi dilaksanakan oleh Ketua dan Sekretaris program studi, yang dibantu oleh Kepala Laboratorium Ilmu Ekonomi, Kepala Pusat Pengembangan Ekonomi (PPE), Pengelola Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Studi Pembangunan (JESP), Pengelola BI CORNER, Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi (HIMIE) dan tim ad hoc.

SISTEM PENJAMINAN MUTU

Program Studi Ilmu Ekonomi melakukan upaya penjaminan mutu terhadap kegiatan masukan, proses dan output. Pengelolaan Penjaminan Mutu di tingkat universitas dilaksanakan oleh Badan Penjaminan Mutu (BPM) dan di tingkat program studi dilakukan oleh Gugus Kendali Mutu (GKM) Progran Studi Ilmu Ekonomi. Secara rutin semesteran, BPM melakukan Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) kepada program studi. Secara berkala Gugus Kendali Mutu (GKM) program studi berkoordinasi dengan program studi dan BPM dalam pelaksanaan penjaminan mutu akademik.

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Utama

Secara umum, Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, berupaya untuk menyiapkan sarjana ilmu ekonomi yang Islami, berakhlaq mulia dengan kemampuan pemahaman konsep, analisa dan aplikasinya dalam masyarakat, tekun bekerja dan bertanggungjawab. Lulusan diharapkan memiliki kompetensi utama sebagai peneliti dan praktisi dibidang keuangan dan perbankan islam.

  • Kemampuan dalam penguasaan teori ekonomi Islam, dengan penguasaan ilmu ekonomi secara umum dan kaitannya dengan nilai-nilai ajaran Islam secara integratif;
  • Ketrampilan dalam menganalisa peristiwa-peristiwa ekonomi dalam masyarakat serta memahami kesesuaiannya dengan ajaran Islam;
  • Pemahaman tentang perbedaan antara ekonomi Islam dengan ekonomi modern; terutama pada
  • Kemampuan merancang model-model perencanaan pembangunan.
  • Kemampuan dalam pengelolaan ekonomi keuangan dan perbankan Islam

Kompetensi Pendukung

Disamping kompetensi utama, Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta juga berupaya menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan tambahan (penunjang). Kompetensi ini merupakan kompetensi keahlian dibidang Ilmu Ekonomi Islam. Kompetensi Pendukung lulusan dalam bidang keilmuan berupa:

  • Kemampuan pemakaian alat analisis ekonomi dengan bantuan data-data kuantitatif;
  • Pemakaian teknologi dan informasi lainnya dengan beberapa jenis program yang relevan;
  • Pemakaian Bahasa asing utamanya Bahasa Inggris dan sebagai tambahan Bahasa
  • Memiliki ketrampilan softskill seperti mengekspresikan pendapatnya pada forum-forum ilmiah dan sebagainya.

Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan

Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, berupaya untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi lainnya. Kompetensi ini merupakan keahlian diluar bidang Ilmu Ekonomi yang diharapkan. Dengan menguasai kompetensi tersebut akan meningkatkan daya saing lulusan dan kemudahan dalam peningkatan karir di dunia kerja. Kompetensi lainnya yang lebih mendukung ketrampilan (skill) di lapangan dalam arti luas, sebagai aplikasi Ilmu ekonomi dan nilai-nilai Islam adalah :

  • Kepemilikan integritas dan etika yang tinggi
  • Kemampuan menerapkan ilmu ekonomi yang berbasis Islam dalam dinamika masyarakat, khususnya dalam bidan g keuangan dan perbankan Islam;
  • Ketrampilan manajerial dalam mengurus organisasi sesuai dengan perspektif Islam;
  • ketrampilan entrepreneurship secara Islami bagi yang ingin berusaha secara mandiri

Kompetensi Softskill

  • Mampu belajar secara mandiri dan berkelanjutan (longlife learner)
  • Mampu menganalisis masalah-masalah (studi kasus) dalam Praktik dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (analytical skills)
  • Kreatif dan inovatif dalam memberikan solusi terhadap masalah-masalah (studi kasus) (problem solving & creative skills)
  • Mampu menyampaikan pendapat secara jelas baik secara lisan maupun tulisan serta menghargai pendapat orang lain dalam diskusi (communication skills)
  • Mampu bekerja dalam tim untuk menyelesaikan kasus-kasus (working in team skills).
  • Menghayati dan mengamalkan tujuan hidup untuk kesejahteraan bersama yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam. (Ethical skil)

TESTIMONI ALUMNI

 

"Alhamdulillah saya merasa beruntung menjadi bagian dari alumni Prodi Ilmu Ekonomi karena telah mendapatkan ilmu yang mendukung karir saya di dunia perbankan syariah. Hanya selang waktu kurang lebih 3 bulan sejak wisuda saya sudah langsung dapat pekerjaan sebagai staff BRI Syariah kota Batam Propinsi Kepulauan Riau."

Diah Kusrini, S.E.

(Alumni Ekonomi Keuangan dan Perbankan Islam prodi Ilmu Ekonomi 2016)

 

 

"Alhamdulillah ilmu yang saya peroleh di Prodi Ilmu Ekonomi FE UMY sangat membantu saya dalam menyelesaikan studi Program Pascasarjana S2 di Khon Kaen University Thailand."

Susilo Nur Aji, S.E.

(Alumni International Program for Islamic Economics and Finance prodi Ilmu Ekonomi 2015)