HIMIE

 

BADAN PENGURUS HARIAN

 

OPEN RECRUITMENT

HIMIE (Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi) yang merupakan salah satu HMJ yang berada di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan Open Recruitment Komunitas baru guna memfasilitasi mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi untuk mengembangkan kemampuannya dalam berorganisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari generasi generasi penerus untuk HIMIE ke depannya. Open Reqruitment dilaksanakan pada Senin-Sabtu, 03-08 Oktober 2016 di Lobby Gedung D dengan membuka stand dan memberikan formulir. Sasaran dalam Open Reqruitment HIMIE tentunya adalah mahasiswa/i Ilmu Ekonomi yang berminat dan mempunya kemauan untuk memajukan HIMIE. Selanjutnya terpilih Komunitas yang terdiri dari Komunitas Penelitian, Komunitas Jurnalistik dan Komunitas Kewirausahaan yang dapat memberikan kontribusi sesuai dengan tujuan komunitas masing masing. Open reqruitment HIMIE adalah acara tahunan yang diperuntukkan untuk mahasiswa/i yang berminat untuk organisasi dan terjun langsung kedalam kegiatan kegiatan berorganisasi.

 

DIVISI JARINGAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI

 

Divisi Jaringan Komunikasi dan Informasi atau disingkat Jarkomsi adalah satu dari lima divisi HIMIE yang mempunyai visi yaitu meningkatkan fungsi dari Jarkomsi secara internal maupun eksternal dan misi yaitu mengoptimalkan dan menggerakan kerjasama agar tercipta komunikasi yang selaras sesuai dengan tujuan.

DIALOG PRODI

Program kerja dialog prodi akan dilakukan setiap akhir semester, guna mengevaluasi atau berbagi informasi antara dosen dan mahasiswa Ilmu Ekonomi. Dengan adanya kegiatan ini adalah untuk saling mengevaluasi terkait Prodi Ilmu Ekonomi dengan cara memberikan kritik, saran, aspirasi dan opini untuk Ilmu Ekonomi yang lebih baik. Kegiatan ini diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Ekonomi yang dimana dilakukan setiap akhir semester genap atau ganjil. Dialog Prodi I terrealisasikan pada Rabu, 23 November 2016 pukul 09.10 – 11.20 WIB bertempat di Ruang Kelas Gedung E.6 Lt.2 (E6.201). Dialog Prodi I memberikan wadah bagi mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Ekonomi dalam balutan diskusi untuk menyampaikan berbagai kritik, saran dan pertanyaan yang terjadi dan apa yang mereka rasakan untuk dapat mengevaluasi kinerja Ilmu Ekonomi ke depannya.

KONGRES

Pada tahun ini, UMY terpilih menjadi tuan rumah pada Kongres IMEPI IX 2016,  mengambil tema “Sinergitas Semangat Ekonom Muda, Dari Kota Pelajar untuk Indonesia”. Kegiatan ini dilakukan secara rutin dan bergilir, Kongres IMEPI IX 2016 dilaksanakan pada Minggu – Sabtu, 4 – 9 Desember 2016 pukul 08:00 sampai selesai dan bertempat di Wisma Ambarbinangun dan Unversitas Muhammadiyah Yogyakarta. Adapun kegiatan yang berlangsung selama beberapa hari menghasilkan struktur baru kepengurusan dalam IMEPI dan memutuskan tuan rumah untuk Kongres IMEPI selanjutnya. Kegiatan ini juga menciptakan untuk meningkatkan wadah solidaritas dan kekeluargaan skala nasional bagi mahasiswa program studi ekonomi pembangunan/Ilmu Ekonomi serta meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan inspirasi generasi muda khususnya kalangan mahasiswa.

 

DIVISI KASTRAG

 

ECONOMICS STUDY CLUB

Kegiatan ini mengambil tema “Membangun Generasi Emas Melalui Atmosfir Akademik yang Berkualitas”. Alhamdulillah, atas ridha Allah SWT dan partisipasi aktif Mahasiswa Ilmu Ekonomi kegiatan Economics Study Club HIMIE FE UMY dapat berjalan selama satu semester, Economics Study Club memiliki anggota sebanyak 30 orang, materi pelajaran kegiatan ini menyesuaikan kebuhan akan materi yang ingin mereka pelajari, kegiatan ini terelaisasi dengan 3 pertemuan pada: Selasa 11 Oktober 2016 belajar Akuntansi , Kamis 20 Oktober 2016 belajar Makro, Jum’at 25 November 2016 belajar Mikro yang bertempat di Ruang IPIEF gd E lt 2. Economics Study Club yang terealisasikan diharapkan dapat menambah wawasan dan semangat bagi mahasiswa/i semester I dalam menyesuaikan diri dengan Ilmu Ekonomi. Kegiatan yang dilaksanakan ini dengan bentuk diskusi sehingga mahasiswa/i bisa aktif dalam menyerap ilmu-ilmu yang diajarkan. Para Pengajar dalam kegiatan ini juga mahasiswa semester atas yang pastinya mumpuni dan dapat membantu mahasiswa semester I untuk beradaptasi dengan pelajaran atau ilmu yang ada di bangku kuliah.

HERO

Kegiatan ini terdapat dua rangkaian yaitu Seminar Nasional dan Call For Paper. Kastrag dalam HIMIE adalah divisi yang focus dalam hal akademik untuk mengembangkan minat dan potensi mahasiswa/i. Adapun kegiatan Call For Paper dilaksanakan pada Rabu, 07 Desember 2016 pada pukul 07:00 sampai dengan 15:00 WIB bertempat di Mini Theater Gd D lt 4 yang agendannya adalah presentasi dari 15 finalis Call For Paper yang terpilih dari beberapa universitas di Indonesia. Rangkaian kedua dalam HERO adalah Seminar Nasional yang terealisasikan pada Kamis, 08 Desember 2016 bertempat di AR Fakhrudin B lt 5 dengan mendatangkan beberapa pembicara yaitu Attila Gaspar (Phd Student at Central European University, Budapest) , Ahmad Ma’ruf S.E., M.Si (Dosen FEB UMY), Otoritas Jasa Keuangan. Dalam kegiatan Call For Paper dan Seminar Nasional yang Alhamdulillah terealisasi dengan lancar menghasilkan Juara 1,2,3. Juara 1 dalam lomba Call For Paper adalah Universitas Airlangga Surabaya. Seminar Nasional yang terrealisasi dihadiri oleh peserta dari Call For Paper, Kongres IMEPI dan mahasiswa/i yang mendaftar untuk mengikuti Seminar Nasional.

 

DIVISI KEWIRAUSAHAAN

 

PASAR BUKU

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para mahasiswa yang mencari referensi buku yang menunjang kegiatan perkuliahan. Dalam kegiatan ini bertema “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan”. Pasar Buku terrealisasikan pada Senin – Selasa / 13 -20 September 2016 dan bertempat di Lobby Gedung D, Dalam kegiatan ini HIMIE menjual berbagai buku dari terbitan beberapa perusahaan buku dengan mengikuti rekomendasi dari dosen yang bersangkutan, sehingga mahasiswa membeli buku sesuai dengan materi dan ilmu yang akan diajarkan oleh dosen. Dalam kegiatan ini HIMIE ingin mengasah jiwa keiwrausahaan dengan belajar dalam mengatur profit dan juga memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang sedang mencari buku untuk keperluan di bangku kuliah.

 

DIVISI PSDM

 

EFS MID YEAR (Futsal dan Badminton)

Kegiatan Economics Fun Sport terdiri dari badminton dan futsal. Kegiatan ini dilaksanakan setiap dua minggu sekali dalam satu bulan. Tempat berlangsungnya kegiatan bersifat fleksibel dan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi lapangan. Acara futsal rutin sudah dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam setengah periode ini. Sedangkan acara badminton dalam setengah periode sudah dilaksanakan sebanyak empat kali. Alhamdulillah, atas ridha Allah SWT dan bantuan dari teman-teman semuanya kegiatan Economics Fun Sport yang telah berlangsung dapat terlaksanakan dengan baik dan tanpa hambatan yang berarti. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dimiliki oleh HIMIE, yaitu divisi PSDM. Dengan adanya acara ini diharapkan mampu menciptakan generasi baru dengan karakter yang lebih unggul. Menjadikan mahasiswa yang kompetitif, kreatif dan juga inovatif yang tidak lepas dari nilai Islami. Serta mengajak mahasiswa untuk dapat ikut serta berperan aktif untuk memajukan Ilmu Ekonomi.

ISLAMIC LESSON

kegitan ini bertujuan agar mahasiswa Ilmu Ekonomi mempunyai andil dan peran dalam memasyarakatkan serta menyadarkan segenap lapisan masyarakat akan pentingya bahasa Al Qur’an dan meningkatkan kemampuan dalam membaca dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an dengan baik dan benar. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Senin dan Kamis, adapun kegiatan setiap hari Senin adalah BTQ atau baca tulis Al-Quran pukul 15:30 sampai 17:00  dan setiap hari Kamis adalah Arabic Class pukul 18:30 sampai 20:00 bertempat di Ruang IPIEF A gd E lt 2, sasaran dalam kegiatan ini adalah mahasiswa/i Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

LATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 01-02 Oktober 2016 bertempat di Wisma Anoman ,Parangtritis, Kretek, Bantul, dengan mengambil tema “Upgrade Your Personality And Action To Be a Leader”. Dalam kegiatan ini tidak hanya disuguhkan dengan materi saja,tetapi juga diisi dengan game-game dan juga pentas seni yang menjadikan acara LKM ini menjadi lebih meriah.Sehingga mahasiswa-mahasiswa yang mengikuti acara ini tidak merasa jenuh dan di ikuti oleh banyak mahasiswa yang dirangkai dalam acara seperti Pelatihan Kepemimpinan, Out Bound, Muhasabah, Tahajjud bersama, Olahraga tracking dan sebagainya. Dengan adanya acara ini, mampu menciptakan generasi baru dengan karakter yang lebih unggul. Menjadikan mahasiswa yang kompetitif, kreatif, dan juga inovatif yang tidak lepas dari nilai Islami. Serta mengajak mahasiswa baru untuk dapat ikut serta berperan aktif untuk memajukan Ilmu Ekonomi.

TRAINING OF TRAINER

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 12-13 November 2016 dan bertempat di Wisma Senantiasa, Sleman Yogyakarta. Kegiatan ini juga untuk mengenalkan kepada Komunitas tentang apa itu HIMIE karena mereka yang akan menjadi penerus dan memajukan HIMIE. Rangkaian acara dalam kegiatan ini seperti Pelathan Kepemipinan, Pemberian motivasi, Tahajjud bersama dan Pengenalan organisasi HIMIE sendiri. Diharapkan mempunyai gambaran yang dapat dilakukan untuk memajukan HIMIE dan Ilmu Ekonomi, kegiatan Training of Trainer adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan setelah anggota komunitas terpilih dan dapat mengasah jiwa kepemimpinan mereka.

 

DIVISI SOSIAL

 

HARI IBU

Kegiatan ini dibagi menjadi dua acara dengan memberikan acara-acara yang menyentuh dan bermakna. Dengan adanya acara ini, mampu mempererat silaturahmi khusunya antar masyarakat khususnya orang tua, sehingga adanya silaturahmi dan saling menghormati dapat memberikan efek yang baik kepada semua pihak. Hari Ibu yang bertemakan “MALAIKAT TANPA SAYAP” dilaksanakan pada Kamis 22 Desember 2016 yang bertempat di Kampus Universitas Muhamadiyah Yogyakarta dengan mengadakan acara membagikan kue kepada para ibu-ibu ( dosen, pegawai, dsb) sebagai bentuk terimakasih dan penghargaan. Kemudian acara dilanjutkan pada Sabtu, 24 Desember 2016 bertempat di Panti Jompo Wredha, kegiatan ini ditujukan kepada para penghuni dengan mengadakan acara acara yang fun yang dapat membuat mereka terhibur seperti joget bersama, menulis harapan dan lain lain.

HMIE MENGAJAR

Kegiatan ini dilakukan setiap 2 minggu 1x bertempat di Panti Asuhan Al-Ghifari, pelajaran yang diajarkan adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Para pengajar untuk HIMIE Mengajar adalah anggota HIMIE bergilir agar semua dapat merasakan pengalaman mengajar. HIMIE pun mempunyai buku panduan kepada para siswa Panti Asuhan AL-Ghifari guna menunjang dan mempermudah dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dimiliki oleh HIMIE,yaitu Divisi Sosial. Kegiatan ini dapat memberikan manfaat secara ilmu dan memberikan motivasi bahwa pendidikan itu penting dan hak semua orang.. Dalam kegiatan ini, mahasiswa juga dituntut untuk berinteraksi dengan santri dan santriwati serta warga setempat, sehingga silaturahmi dapat terjalin.

HARI RAYA IDUL ADHA

Kegiatan ini mengambil tema “Semangat Idul Adha, Berbagi Rasa Kepada Sesama.  Dengan adanya kegiatan Bakti Sosial dan perayaan Hari Raya Idul Adha mempunyai maksud untuk membangun rasa solidaritas mahasiswa kepada saudara sesama muslim yang kurang mampu dan membutuhkan. Bakti Sosial dan perayaan Hari Raya Idul Adha dilaksanakan pada Senin 12 September 2016 di Dusun Suru Kemadang Tanjungsari Gunungkidul. Kegiatan ini dapat menjalin solidaritas mahasiswa antar saudara sesama muslim, meningkatkan kualitas mahasiswa yang unggul dan islami, menjalin keakraban dan persaudaraan antar mahasiswa dengan masyarakat. Realisasi dalam kegiatan ini adalah penyembelihan sapi dan kambing yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat sekitar Dusun Suru Kemadang Tanjungsari Gunung Kidul, selain itu ada kegiatan yang lainnya yaitu Bakti Sosial dengan membagikan sembako, sehingga dalam kegiatan ini mahasiswa bisa sadar tentang pentingnya berbagi terhadap sesama.