himama

 

KEGIATAN

DISKUSI PRODI

Kegiatan Diskusi Prodi ini dilaksanakan agar Mahasiswa Manajemen dapat berinteraksi langsung dengan Staf Program Studi Manajemen. Dengan demikian HIMAMA bekerjasama dengan Program Studi Manajemen untuk menyelenggarakan kegiatan “Diskusi Prodi” Sebagai wadah interaksi dan aspirasi antara prodi dengan mahasiswa manajemen. kegiatan ini diharapkan mampu memfasilitasi Dosen staf Program studi manajemen dengan mahasiswa manajemen dan hak serta kewajiban satu sama lain dapat terpenuhi. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Maret 2016 di ruangan Mini Teater UMY dengan mengusung tema “Bersama Beraspirasi, Mencapai Manajemen Berkemajuan” yang dihadiri dari angkatan 2013-2015 mahasiswa Manajemen. Nantinya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tempat penyaluran aspirasi mahasiswa dan evaluasi bagi prodi Manajemen sehingga bisa lebih baik ke depannya.

 SEMINAR NASIONAL

Seminar Nasional merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMAMA) FE-UMY yang terlaksanakan pada hari kamis tanggal 21 April 2016 pukul 09.00 - 12.30 wib yang bertempat di Ruang sidang Ar.Fachrudin B lantai 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan jumlah peserta 238 mahasiswa. Dengan tema “Menjadikan Indonesia Berdikari Dengan Bisnis Islam”. Seminar dan Talk show diisi oleh narasumber yang berpengalaman di bidang tersebut yaitu Hamzah Izzulhaq (CEO Hamasa Indonesia Corp), Adam Muhammad Subarkah (Bassis Sheila On 7 sekaligus owner “Kedai Tombo Ngelak”), dan juga Dra.Ibu Rini Juni Astuti,M.si (Dosen Manajemen UMY sekaligus Konsultan Bisnis). Semoga dengan adanya acara seminar dan talk show yang telah diselenggarakan yang bekerja sama dengan prodi manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dapat memberikan dampak positif terhadap panitia penyelenggara dan seluruh peserta yang turut andil dalam acara tersebut.

HIMAMA VISIT

Himama Visit tahun kepengurusan 2015-2016 ini berkesempatan untuk bertukar ilmu dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Padjajaran dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Pendidikan Indonesia. Kegiatan Himama Visit ini terlakasana pada hari Kamis-Minggu, tepatnya pada tanggal tanggal 26-29 Mei 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi di antara sesame mahasiswa manajemen sehingga akan tercipta hubungan yang positif yang kedepannya diharapkan dapat terjalin kerjasama antara tiap himpunan mahasiswa jurusan ini, di samping itu juga, proker ini diharapkan dapat menjadi referensi kita dalam berorganisasi sehingga kepengurusan yang akan datang akan menjadi penerus yang lebih baik dari sebelumnya, mulai dari kemungkinan adopsi proker dari HMJ lain yang memang bisa kita adopsi, ataupun terkait budaya berorganisasi HMJ tersebut.

KONSERVASI MANGROVE

Kegiatan Konservasi Mangrove ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 28 Februari 2016, Kegiatan Konservasi Mangrove HIMAMA FE-UMY yang bertema “Satukan Tangan untuk Membangun Lingkungan demi Masa Depan” ini dilaksanakan di bantaran Kali Pasir, Dsn. Pasir Mendit, Ds. Jangkaran, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Alhamdulillah Konservasi Mangrove ini berjalan dengan lancar, sukses, dan mendapat respon postif dari mahasiswa. Dalam acara Konservasi Mangrove ini diikuti oleh mahasiswa UMY dan Poltekkes Yogyakarta, segenap pengurus Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMAMA), anggota Magang HIMAMA dan Tamu undangan perwakilan dari Prodi dan Pak Wasro Suwito selaku ketua Ketua Lembaga Pelestarian Hutan Mangrove dan Pesisir Wana Tirta. Kegiatan Konservasi Mangrove HIMAMA FE-UMY berhasil menanam bibit mangrove sebanyak lebih dari 500 bibit dan ditutup dengan penyerahan Plakat dari GM HIMAMA FE-UMY kepada pak Warso Suwito. Setelah itu paniitia dan peserta bersama-sama pulang.

ENGLISH DEBATE COMPETITION

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa-mahasiswa tingkat DIY mampu mengungkapkan pendapat dan pemikirannya dengan percaya diri dan sesuai dengan fakta-fakta yang ada, mengasah kemampuan mahasiswa dalam berbahasa inggris, dan melatih pola pikir mahasiswa untuk dapat melihat suatu masalah dari berbagai sisi, terutama dalam masalah keberagaman antar sesama dengan mengusung tema “Humanity in Diversity”, kegiatan ini bekerjasama dengan Jogja Debating Forum (JDF) yang dimana sudah memiliki pengalaman dan kualifikasi baik nasional maupun internasional dalam debat. Dalam acara ini terdapat 8 tim yang bertanding, peserta berasal dari UMY dan berbagai universitas di wilayah DIY. Lomba debat ini mengunakan Asian Parliamentary System. Sistem ini terdiri dari dua tim yang masing-masing terdiri dari tiga speaker. Mekanisme yang pertama adalah membangun kasus, meganalisis mosi, dan terakhir menyanggah serta memberikan argumen beserta ekstensi kepada tim lawan. Perlombaan debat ini berlangsung dari pukul 08.00 – 18.00 WIB. Alhamdulillah lomba debat yang dilaksanakan oleh divisi RnD berjalan dengan lancar, dan insyaAllah akan di lanjutkan secara berkala di periode yang akan datang.

LATIHAN KEPEMIMPINAN MAHASISWA MANAJEMEN

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu – Minggu, 7 - 8 November 2015 yang berlokasi di Desa Wisata Ledok Sambi, Kaliurang, DIY yang diikuti oleh 87 peserta dengan tema “Membentuk Pemimpin Muda Berintegritas dan Visioner untuk Berkontribusi dalam Membangun Bangsa”. Acara ini bertujuan sebagai latihan dasar kepemimpinan dan wadah bagi mahasiswa manajemen untuk belajar tentang arti sebuah kepemimpinan, serta membentuk kader-kader HIMAMA untuk dapat meneruskan tongkat estafet kepengurusan berikutnya. Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Manajemen atau LKMM ini diharapkan dapat menciptakan kader baru yang memiliki potensi kepemimpinan, bersemangat tinggi, berintelektual dan berkomitmen pada organisasi.
Adapun agenda utama dari LKMM yaitu memberikan materi mengenai arti penting dari kepemimpinan dan motivasi dalam organisasi. Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri yang memiliki kemampuan mumpuni dibidangnya. Pemateri pertama tentang kepemimpinan dan keorganisasian disampaikan oleh Yordan Gunawan. Materi kedua yang berisi tentang motivasi disampaikan oleh Saudara Maulana Nazma, S.IP.

RECRUITMENT

Kegiatan penerimaan anggota baru ini dilaksanakan melalui dua tahapan tes. Semua tahap tes dilaksakan di Gedung D Fakultas Ekonomi UMY dengan melakukan kerja sama dengan tiga HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang berada di bawah naungan KMFE, dan serempak melaksanakan recruitment HMJ pada tanggal 18 dan 25 Oktober 2015. Hal ini dilakukan untuk menambah rasa kekompakan antar HMJ di Fakultas Ekonomi UMY. Dalam melakukan tahapan tes, calon anggota baru diwajibakan melengkapi administrasi keanggotan dengan megumpulkan CV. Calon anggota baru HIMAMA yang mengumpulkan administrasi pertama sebanyak 130 peserta. Tes tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober 2015. Dalam tahap pertama ini dilakukan tes tertulis berupa problem solving dan tes bakat yang terdiri dari MC dengan alokasi waktu 7 menit, design dengan alokasi waktu 30 menit dan pers dengan alokasi waktu 30 menit, yang di ikuti oleh 107 peserta. Tes tahap kedua yaitu wawancara dan baca AL-Qur’an. Tes tahap kedua ini dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2015. Tes tahap kedua ini dilakukan oleh jajaran BPH, Manajer dan DPO. Selain itu, tes baca Al-Qur’an dimaksudkan untuk menyaring calon-calon anggota HIMAMA yang sesuai dengan visi misi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

MANAJEMEN CUP

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Minggu 13 Desember 2015 dan Minggu 20 Desember 2015. Dengan jumlah peserta sebanyak 26 tim, acara ini tidak hanya di ikuti oleh pengurus HIMAMA saja, tetapi juga di ikuti oleh mahasiswa manajemen dari angkatan 2012-2015. Tim peserta berasal dari masing-masing kelas pada saat semester 1. Pada tahun ini, seluruh kelas diwajibkan berasal dari kelas semester 1 untuk menjaga kekompakan setiap kelas agar tetap solid. diharapkan kegiatan ini dapat menjadi ajang silahturahmi antar angkatan dan sebagai wadah penyaluran hobi Mahasiswa Manajemen yang Positif, dan sebagai gerbang awal bagi para Mahasiswa Manajemen khususnya angkatan 2015 untuk dapat mengenal lebih dalam tentang Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMAMA). Kemudian Technical Meeting (TM) dilaksanakan pada hari Jum’at 10 Desember 2015 di Ruang Lab. Manajemen Fakultas Ekonomi UMY, semua Perwakilan Manajer tim, official tim peserta dan panitia Futsal Prodi Manajemen Cup juga hadir. Kemudian oleh panitia pelaksanaan diadakan pembacaan peraturan dari permainan futsal kepada semua perwakilan dan official masing-masing tim peserta. Hal ini bertujuan agar semua manajer dan official paham dan tidak terjadi kesalah pahaman yang mengakibatkan keributan.

VOICE OF MANAGEMENT

Program Kerja Sport And Art Division sekaligus sebagai acara penutup dari seluruh rangkaian kegiatan Management Festival 2016 adalah Voice Of Management #3 dengan penanggungjawab Prisna Rahmawati dan tema "Fantastic Management". Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2016. Acara dimulai pada pukul 13.00 wib yang mana kita mulai acara ini dengan Acoustic Festival hingga pukul 17.00 wib, kemudian dilanjutkan kembali pada malam puncak Voice Of Management #3 pada pukul 19.00 wib sampai pukul 23.00wib dengan dihadiri oleh seluruh mahasiswa dari berbagai fakultas, Alumni HIMAMA, Dosen Manajemen serta HMJ, BEM dan Senat seluruh UMY. Pengisi acara dari kegiatan ini adalah penampilan dari Bina Siwi, beberapa peserta Acoustic Festival, HIMAMA Band, dan mahasiwa manajemen yang secara khusus diundang oleh panitia acara. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi ajang menghibur bagi seluruh mahasiswa yang menghadiri dan sebagai ajang penyaluran bakat dan hobi bagi seluruh penampil.