HIMA

 

BADAN PENGURUS HARIAN

 

RAPAT KERJA (RAKER)

Kegiatan ini merupakan kegiatan awal serta agenda tahunan bagi HIMA FEB UMY. Raker membahas dan menyusun Rencana Program Kerja HIMA yang akan dilaksanakan dalam periode kepengurusan satu tahun ke depan yaitu pada periode 2016/2017. Kegiatan Raker ini dilaksanakan pada tanggal 25 September 2016 pada pukul 07.30 hingga 12.00 WIB bertempat di Ruang Sidang FEB UMY. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pengurus HIMA periode 2016/2017 yang berjumlah 52 orang, 2 orang DPO HIMA FEB UMY, dan 6 orang perwakilan dari Lembaga Mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY. Kegiatan Raker dibuka oleh Sigit Arie Wibowo, S.E., M.Acc.,Ak selaku perwakilan dari Prodi Akuntansi FEB UMY, kemudian dilanjutkan dengan presentasi program kerja HIMA FEB UMY oleh BPH serta Kepala Departemen, kemudian diadakan sesi diskusi terkait presentasi tersebut.

Output dari kegiatan Raker ini yaitu kepengurusan HIMA FEB UMY nantinya memiliki landasan yang mantap dalam menjalankan amanat yang diamanahkan, baik dalam segi spiritual, akademik dan sosial sehingga mahasiswa akan memperoleh kesuksesan hidup serta pengalaman-pengalaman dalam berorganisasi yang dapat diterapkan dalam lingkungan masyarakat luas.

 

DEPT. PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

 

ACCOUNTING'S ASPIRATION

Kegiatan ini merupakan wadah bagi mahasiswa Akuntansi untuk menyampaikan aspirasinya kepada Prodi Akuntansi FEB UMY yang dilaksanakan pada tanggal 12 November 2016 bertempat di Ruang Sidang Perpustakan Gedung D Lantai 3 Kampus UMY. Sasaran AA ialah masyarakat Akuntansi FEB UMY. AA diadakan dengan tujuan untuk menampung serta menjembatani aspirasi mahasiswa baik berupa kritik maupun saran kepada Prodi Akuntansi FEB UMY guna menjadi bahan pertimbangan Prodi Akuntansi dalam mengambil keputusan. Kegiatan AA ini tidak semata-mata didasarkan atas konsep dari panitia, namun juga konsep dari Prodi Akuntansi FEB UMY, mulai dari penyusunan kuesioner hingga setelah berjalannya acara. Kuesioner yang disebar merupakan buah pemikiran dari Prodi Akuntansi dan panitia AA yang didiskusikan atas dasar isu dan kekurangan yang semestinya dievaluasi.

Setelah kuesioner disebar, hasil dari kuesioner kemudian dipresentasikan di Ruang Mini Theater Gd. D yang dihadiri oleh Kepala dan Sekretaris Prodi Akuntansi, Kepala Laboratorium Akuntansi, Pengelola IPAcc, perwakilan dari Senat Mahasiswa FEB UMY, moderator, notulen, dan peserta sejumlah 60 orang yang berpartisipasi dalam AA. Setelah diadakan forum diskusi, hasil AA kemudian disampaikan kepada lembaga Senat Mahasiswa FEB UMY guna penyampaian aspirasi dalam acara Ekonomi Bersuara. Tujuan penyampaian kepada lembaga tersebut ialah supaya aspirasi tersampaikan kepada tingkat Dekan Mahasiswa, sehingga diharapkan bisa membantu Dekan untuk mengambil keputusan terkait program studi Akuntansi.

ACCOUNTING CLUB

Kegiatan ini diselenggarakan pada semester ganjil tahun 2016, atau lebih tepatnya dimulai pada 17 Oktober hingga 7 Desember 2016. Secara garis besar, rangkaian kegiatan AC terdiri atas dua bentuk, yaitu kelompok belajar dan workshop. Kelompok belajar ini dibagi dalam dua segmen dan beberapa sesi, HIMA memfasilitasi mahasiswa Akuntansi khususnya semester 1 untuk berpartisipasi dalam kelompok belajar Akuntansi Pengantar yang dimentori langsung oleh mahasiswa semester 5 yang dianggap kompeten. Dalam satu  minggu, diadakan 3 kelas Akuntansi Pengantar yaitu hari Senin pukul 10.40 WIB, Rabu pukul 10.40 WIB dan Rabu 13.10 WIB di Hall Masjid KHA Dahlan Kampus Terpadu UMY. Pembelajaran di kelompok ini meliputi pembahasan tugas, pendalaman materi, dan konsultasi pra ujian.

Selanjutnya untuk mahasiswa terkhusus semester 3, disediakan kelompok belajar MYOB pada hari Jumat pukul 09.00 WIB di Laboraturium Akuntansi B. Kelas ini diampu oleh dua mentor yang sebelumnya telah dinyatakan lulus sertifikasi MYOB. Pembahasan pada kelompok ini disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dengan menggunakan buku pedoman yang memang digunakan oleh prodi. Selanjutnya di sisi lain, atas dasar kepekaan HIMA terhadap kemampuan dan minat desain grafis mahasiswa Akuntansi yang masih tergolong rendah, diwujudkanlah Workshop Corel Draw sebagai wadah bagi mahasiswa untuk megembangkan bakat atau kemampuannya. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 29 Oktober 2016 di Mini Teater Gedung D lantai 4 Kampus UMY pada pukul 08.00 hingga 14.00 .Workshop yang diikuti oleh 31 peserta dari kalangan mahasiswa aktif UMY khususnya Akuntansi ini dihandle langsung oleh trainer yang berasal dari MMTC Yogyakarta.

 

DEPT. PENGEMBANGAN POTENSI MAHASISWA

 

UPGRADING

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari Sabtu sampai Minggu tanggal 10 sampai 11 Desember 2016 bertempat di Wisma Sejahtera 3 Kaliurang. Peserta yang mendaftar untuk mengikuti Upgrading berjumlah 93 orang yang terdiri dari 24 orang komunitas Departemen Pengembangan Potensi Mahasiswa (DPPM), 23 orang komunitas Departemen Jaringan Komunikasi dan Informasi (JARKOMSI), 24 orang komunitas Departemen Penelitian dan Pengembangan (LITBANG), dan 22 orang komunitas Departemen Sosial dan Kerohanian (DEPSOSNI).

Pada hari pertama peserta menerima materi-materi dari Badan Pengurus Harian (BPH) tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh Ketua HIMA FEB UMY, manajemen konflik oleh Wakil Ketua HIMA FEB UMY, adminitrasi oleh Sekretaris Umum HIMA FEB UMY, dan kebendaharaan oleh Bendahara Umum HIMA FEB UMY. Setelah Badan Pengurus Harian (BPH) menyampaikan materinya, para peserta melakukan aplikasi terhadap materi yang didapatnya dalam training adminitrasi dan kebendaharaan yang didampingi oleh struktural dan anggota umum. Setelah kegiatan training adminitrasi dan kebendaharaan, para peserta melakukan pentas seni dalam panggung kreasi dan seni (pankreas). Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Wisata Malam. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan didampingi oleh struktural dan anggota umum tahun 2015. Kegiatan Wisata Malam ini guna mengakrabkan antara komunitas, struktural, dan anggota umum HIMA FEB UMY serta membangun kerjasama. Pada hari kedua, kegiatan yang dilakukan adalah pendalaman Departemen. Dalam kegiatan ini, komunitas memberikan kesan pertama menjadi komunitas Departemen, kemudian diberikan informasi mengenai program kerja Departemen tersebut dan membagi kepanitiaan untuk program kerja selanjutnya.

ACCOUNTING LEADERSHIP AND ORGANIZATION TRAINING

Kegiatan ini terdiri atas dua rangkaian acara ALOT part I dan ALOT part II. ALOT part I dilaksanakan selama satu hari yaitu pada hari Minggu tanggal 16 Oktober 2016 pada pukul 07.00 hingga 17.00 WIB bertempat di Ruang Sidang Ar. Fakhrudin B lantai 5. Pembicara dalam ALOT part I yaitu Rudy Suryanto, S.E., M.Acc., Ak, CA yang memberikan materi kepemimpinan, serta materi inspirasi oleh Mohammad Reza Zulfikar R., S.E dan Hadiyan Azka, S.E. Pada ALOT part I peserta diperkenalkan lebih jauh tentang HIMA yang meliputi infrastruktur lembaga, struktur kepengurusan, dan departemen serta program kerja masing-masing departemen. Rangkaian acara ALOT part I ditutup dengan simulasi sidang yang bertujuan untuk memperkenalkan tata cara sidang HIMA kepada calon komunitas.

ALOT part II dilaksanakan seminggu setelah ALOT part I yaitu pada tanggal 22-23 Oktober 2016 bertempat di Balai Diklat Yayasan Dharmais, Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo, DIY. Pada ALOT part II ini calon komunitas HIMA FEB UMY melaksanakan forum group discussion untuk dapat mengeksplorasi ide-ide dan mengasah kreativitas mereka dalam membuat sebuah program kerja baru yang sekiranya dapat direalisasikan. Pada hari kedua, peserta mengikuti outbound untuk mendukung dan sebagai bentuk awal pengaplikasian materi kepemimpinan yang telah mereka terima di ALOT part I. Melalui outbound ini juga diharapkan dapat melatih kerja sama dan lebih mengakrabkan diri antar sesama komunitas.

 

DEPT. JARINGAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI

 

STUDI BANDING MASUK

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silahturrahmi dan bertukar pengalaman, pengetahuan, serta kegiatan dengan universitas lain khususnya pada program studi akuntansi. Studi Banding yang diadakan pada tanggal 3 Desember 2016 lalu  adalah Studi Banding dengan Universitas Atma Jaya lebih tepatnya HMPSA FE UAJY. Studi Banding kali ini bertempat di Ruang Mini Teater Gedung D lantai 4 Kampus UMY. Sasaran dari kegiatan ini adalah pengurus HIMA FEB UMY, masyarakat akuntansi FEB UMY serta pengurus HMPSA FE UAJY. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 70 orang yang terdiri dari 41 orang panitia dari anggota HIMA FEB UMY dan 35 peserta dari HMPSA FE UAJY.

Studi banding masuk kali ini berlangsung dari pukul 09.41 WIB sampai dengan pukul 12.18 WIB. Studi Banding yang dilakukan berupa presentasi seputar HMJ Akuntansi masing-masing universitas. Selain itu juga terdapat agenda kegiatan focus group discussion untuk HIMA FEB UMY dan HMPSA FE UAJY. Output dari kegiatan ini yaitu ilmu, wawasan, pengetahuan serta pengalaman baru yang didapatkan untuk kemajuan individu maupun untuk kemajuan HIMA FEB UMY kedepannya.

STUDI BANDING KELUAR

Tujuan Studi Banding Keluar ini adalah Kota Malang yaitu tepatnya HMJA FEB UB dan HMJA FEB UMM, yang diadakan pada hari Jumat sampai Minggu tanggal 25-27 November 2016 lalu. Sasaran dari kegiatan Studi Banding Keluar ini adalah pengurus HIMA FEB UMY, masyarakat akuntansi FEB UMY serta pengurus HMJA FEB UB dan pengurus HMJA FEB UMM. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 55 orang yang terdiri dari 15 orang masyarakat akuntansi dan 40 orang panitia dan 1 orang dosen pendamping.

Studi banding di Universitas Brawijaya berlangsung dari pukul 08.30 – 11.35 WIB. Kami melakukan studi banding program studi Akuntansi serta studi banding berupa presentasi seputar HMJ Akuntansi Universitas Brawijaya. Sedangkan studi banding di Universitas Muhammadiyah Malang berlangsung dari pukul 14.25 – 17.13 WIB, dengan agenda kegiatan studi banding program studi Akuntansi dan focus group discussion untuk HIMA FEB UMY dan HMJA FEB UMM. Dengan adanya Studi Banding ini diharapkan apa yang telah didapatkan dari kedua Universitas yang telah dikunjungi dapat terapkan baik untuk kemajuan individu maupun untuk kemajuan HIMA FEB UMY kedepannya.

BULETIN H! MAGZ

Buletin H! MAGZ (HIMA MAGAZINE) merupakan salah satu program kerja dari Departemen Jarkomsi HIMA FEB UMY. Buletin H! MAGZ adalah salah satu media informasi yang mudah dibaca oleh setiap orang karena semua informasi akan dihadirkan dalam bentuk majalah mini. Buletin H! MAGZ edisi pertama ini bertemakan Color Fun. Buletin H! MAGZ sudah dipublikasikan sebanyak 4 kali. Pertama pada tanggal 26 November kepada HMJA FEB UB dan HMA FEB UMM pada saat Kegiatan Studi Banding ke Malang. Kedua pada tanggal 3 Desember 2016 kepada HMPSA FE UAJY ketika Studi Banding ke HIMA FEB UMY.  Ketiga, pada tanggal 10 dan 11 Desember 2016 kepada beberapa anggota komunitas HIMA yang mengikuti kegiatan Upgrading. Serta yang terakhir, pada tanggal 5 Desember 2016 kepada mahasiswa akuntansi, Lembaga Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY, Prodi Akuntansi, Perpustakaan, American Corner, dll.

Pada Edisi Perdana Buletin H! MAGZ ini berisikan tentang tax amnesty dan opini dosen terhadap tax amnesty, launching FEB, kerjasama USIM, opini  mahasiswa, seputar  Program Studi Akuntansi,  profil  alumni, tentang HIMA, komik,  tips & trik, serta isu umum lainnya. Buletin H! MAGZ diharapkan menjadi media untuk menyediakan berbagai informasi penting dan up to date yang layaknya diketahui oleh para mahasiswa ekonomi terutama akuntansi serta informasi mengenai kegiatan dan seputar HIMA.

MADING

Penerbitan Mading HIMA menjadi langkah awal untuk mengajak mahasiswa lebih peka terhadap berbagai kegiatan yang ada di HIMA. Tema dari Mading edisi pertama ini adalah “HIMA’s Galaxy. Mading HIMA diterbitkan di Loby Gedung D pada tanggal 10 Oktober 2016. Mading edisi pertama HIMA ini berisikan tentang informasi seputar perkenalan pengurus HIMA periode 2016/2017, pengumuman kegiatan HIMA, hot news, tips dan trik, puisi, dan juga komik. Tim Redaksi dari Mading HIMA yaitu anggota struktural HIMA FEB UMY. Mading HIMA menjadi salah satu media informasi yang mudah dipahami oleh setiap orang karena semua informasi akan dihadirkan dalam bentuk majalah dinding ini yang dipublikasikan kepada mahasiswa akuntansi pada khususnya dan FEB umumnya sehingga memudahkan para mahasiswa untuk memperoleh informasi seputar kegiatan HIMA periode 2016/2017 dan seputar akuntansi FEB UMY.

 

DEPT. SOSIAL DAN KEROHANIAN

 

LET'S DO SOCIAL CARE

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa saling tolong menolong dan jiwa sosial khususnya anggota HIMA FEB UMY kepada masyarakat sekitar. Kegiatan LDR kali ini bertemakan “Satu Langkah Bakti, Menuju Indahnya Berbagi”. Rangkaian pertama dari LDR adalah Bakti Sosial yang dilaksanakan selama satu hari pada hari Minggu, 25 Desember 2016 di Dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo,Kabupaten  Bantul, DIY. Sasaran dari kegiatan LDR ini adalah warga Dusun Pokoh 1 yang berjumlah 51 warga untuk cek kesehatan dan 80 warga penerima sembako. Sedangkan jumlah panitia dari LDR adalah 61 panitia dan 10 relawan.

Kegiatan Bakti Sosial dibuka dengan adanya senam pagi yang melibatkan seluruh warga, kemudian dilanjutkan dengan pembagian doorprise. Selain itu ada lomba anak yang terdiri dari lomba menggambar, mewarnai dan menyusun puzzle. Bagi warga yang berprofesi sebagai petani, mengikuti penyuluhan dan pelatihan pembuatan pupuk kompos. Pada kegiatan Bakti Sosial ini juga menyediakan fasilitas cek kesehatan yang terdiri dari cek gula darah, kolestrol dan asam urat. Selain itu juga, terdapat bazar pakaian dengan harga murah dan acara Bakti Sosial ditutup dengan pembagian sembako kepada warga.

DISKUSI ISLAM

Pelaksanaan Diskusi Islam yang termasuk dalam rangkaian Pengajian Internal  merupakan suatu langkah untuk membantu anggota HIMA FEB UMY untuk membangun kesadaran rohani. Diskusi Islam pertama ini dilaksanakan di Ruang Mini Theater Gedung D Lantai 4 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada tanggal 19 November 2016. Peserta dari Diskusi Islam adalah seluruh anggota HIMA FEB UMY yang berjumlah 78 orang, yang terdiri dari BPH, Kadep dan Sekdep, Struktural serta Anggota Umum HIMA FEB UMY. Pemateri dari Diskusi Islam yang pertama ini yaitu Bapak Imam Mahdi yang merupakan salah satu dosen UMY.

Tema dari Diskusi Islam yaitu “Move On Smart with Islam” dengan harapan dari tema ini seluruh anggota HIMA FEB UMY bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dibandingkan dengan sebelumnya. Selain itu, dengan tema ini diharapkan seluruh Anggota HIMA FEB UMY bisa lebih paham lagi mengenai aturan-aturan yang seharusnya dilakukan oleh setiap muslim dan bisa terhindar dari sifat-sifat yang seharusnya dihindari seperti meminta bantuan selain kepada Allah SWT.

BACA TULIS AL-QURAN (BTA)

BTA HIMA dilaksanakan di Lantai Dasar Masjid K.H Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta setiap hari Rabu dalam kurun waktu 5 September – 7 Desember 2016. Sasaran dari kegiatan BTA HIMA FEB UMY ini yaitu 78 anggota HIMA, yang terdiri dari BPH, Kadep dan Sekdep, Struktural serta Anggota Umum HIMA FEB UMY. Kegiatan BTA ini dimentori oleh teman-teman dari Unires sejumlah 5 orang yang tentunya telah fasih dalam membaca Al-Qur’an. Baca Tulis Al-Quran ini memiliki tujuan untuk membantu keluarga internal HIMA dalam memperlancar pembacaan Al-Qur’an dengan baik dan benar. Bahkan mungkin yang tadinya tidak bisa membaca Al-quran dengan adanya BTA ini bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Selain itu, tujuan lain diadakannya BTA yaitu dapat menambah pemahaman mengenai tajwid dan makhroj dalam pembacaan Al-quran.