HIMA

Gathering Dinner Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Pelaksanaan Gathering Dinner Mahasiswa Akuntansi PTM  ini sebagai langkah awal untuk mengajak Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia untuk saling bersilaturahmi, bekerjasama dan membentuk suatu asosiasi. Asosiasi ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi untuk saling berbagi informasi mengenai akuntansi dan kegiatan di masing-masing HMJ PTM ,serta dapat menjadi media untuk  menjalin silaturahmi bagi mahasiswa .

Gathering Dinner Mahasiswa Akuntansi PTM ini bertempat di Ruang Sidang AR. Fachrudin A Lantai 5 dan Lapangan Bintang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pelaksanaan Gathering ini ada tiga acara meliputi penjelasan mengenai HIMA FE UMY, diskusi pembentukan asosiasi baru HMJA PTM, dan makan malam bersama. Dalam diskusi pembentukan asosiasi baru, nama asosiasi telah disepakati dan setujui bersama oleh seluruh peserta Gathering  dengan nama “IKATAN MAHASISWA AKUNTANSI MUHAMMADIYAH (IMAM)

INTERNATIONAL ACCOUNTING WEEK : IFRS in South East Asia 

International Accounting Week (IAW) yang bertemakan “IFRS in South  East Asiamerupakan kegiatan yang menyediakan wadah untuk mahasiswa dan masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam kemajuan perekonomian Indonesia melalui :

Kompetisi Accounting Olympiade, merupakan ajang bagi mahasiswa Akuntansi (PTN/PTS Jawa-Bali), serta siswa SMA/sederajat Se-Jawa dan Bali untuk menunjukkan intelligence pada bidang akuntansi. Pada olimpiade ini, pemenang merupakan peserta yang memiliki skor tertinggi dalam pengerjaan soal yang diberikan.

Kompetisi poster, merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa aktif Diploma dan S1 (PTN/PTS), serta siswa SMA/sederajat tingkat internasional. Pada ajang kompetisi ini nantinya para pengirim karya poster akan diseleksi dan dipilih satu karya terbaik dari masing-masing kategori pendidikan.

Kompetisi essay, merupakan ajang kompetisi menulis bagi mahasiswa aktif S1 dan Diploma (PTN/PTS ), serta siswa SMA/sederajat tingkat international. Pada kompetisi ini nantinya para karya yang dikirim akan diseleksi dan disaring menjadi lima besar finalis. Selanjutnya, finalis tersebut akan  mempresentasikan karyanya di depan juri dan para finalis lainnya. Pada tahapan terakhir akan dilakukan tanya jawab antara presenter dengan para juri. Essay ini membahas 2 sub tema terkait permasalahan seputar perekonomian di Indonesia yang menggunakan IFRS.

Seminar Internasional, Dalam seminar ini membahas permasalahan perekonomian yang ada di Indonesia, dengan tema “Challenges of the Adoption of International Financial Reporting Standards (IFRS) in South East Asia”.

UP GRADING : "LEGO" (Let’s Make Education Get’s On Vacation)

Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) memiliki salah satu program kerja yang diberi nama Up Grading. Dalam Up Grading ini pengurus HIMA memberikan beraneka ragam pelatihan bagi mahasiswa baru akuntansi. Yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan, bakat serta keunggulan para mahasiswa baru akuntansi tentunya tidak hanya dibidang akademik/ perkuliahan tetapi juga dibidang organisasi selain itu acara ini dapat lebih mengenalkan mahasiswa baru pada prodi akuntansi.

Pada kesempatan ini HIMA menyelenggarakan program Up Grading bagi mahasiswa angkatan 2014/2015 dengan tema “ LEGO ( Let’s Make Education Get’s On Vacation) “. Agar mahasiswa tidak hanya dituntut untuk unggul dalam prestasi akademik tetapi juga harus diimbangi dengan kemampuan soft skillnya yang dapat mereka gali dalam dunia organisasi. Dalam dunia organisasi mahasiswa dapat mengembangkan bakatnya serta memiliki inovasi, daya kreativitas yang tinggi serta mampu menjalin kerjasama yang baik dengan siapapun. Diharapkan dari kegiatan ini menjadikan tiap – tiap mahasiswa memiliki pengalaman yang cukup baik dalam organisasi yang tentunya pengalaman itu akan berdampak positif bagi perkembangan kariernya  ke depan.

STUDY BANDING : Satu Hati untuk Organisasi, Satu Pikiran untuk Masa Depan

Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) FE UMY mengadakan Study Banding antar Mahasiswa Universitas lain. Dengan adanya Study Banding tersebut diharapkan bisa menambah wawasan serta informasi akuntansi yang dibutuhkan serta sebagai sarana pertukaran informasi. Dengan banyaknya informasi yang didapatkan maka semakin menambah wawasan dibidang akuntansi maupun organisasi. Selain itu juga menumbuhkan jiwa solidaritas yang tinggi pada mahasiswa antar Universitas.

.

ACCOUNTING CLUB (AC)

Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan Accounting Club (AC) yang  terdiri dari komunitas Akuntansi Pengantar, Perpajakan, Pengauditan, Analisis Informasi Keuangan, Rumah Tulis, Kreatifitas, dan Bahasa Inggris. Dengan di adakannya Accounting Club  (AC). Diharapkan bisa membantu para Mahasiswa Akuntansi untuk menambah ilmu pengetahuan serta wawasan yang di butuhkan oleh para mahasiswa akuntansi dalam bidangnya masing-masing secara mendalam. Selain itu, dengan adanya kegiatan Accounting Club  ini bisa membantu para mahasiswa akuntansi untuk mempersiapkan diri dan memberi bekal dalam menghadapi persaingan baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

ACCOUNTING GOES TO COMPANY : “Go Studying, Go Traveling, Get Knowledge”

Format dari kegiatan AGC adalah mahasiswa akan berkunjung ke perusahaan-perusahaan dan industri-industri untuk melihat sistem kerja mereka, apakah sesuai dengan yang diperoleh dibangku kuliah atau ada perbedaan. Dimana perbedaan-perbedaan tersebut akan dianalisis dengan menggunakan nalar kita sebagai akademisi kampus dengan berbagai teori-teori yang telah kita dapat. Selain itu diharapkan pula dengan adanya kegiatan ini mahasiswa akan lebih paham dan mengerti apa yang harus mereka lakukan ketika berada didunia kerja. Mereka akan berlatih menganalisis berbagai masalah yang muncul dalam suatu perusahaan atau industri (tempat kerja) yang nantinya akan diproses dan menjadi sebuah solusi dan gambaran peluang dunia kerja.