dau1

Pada hari Sabtu, tanggal 24 Oktober 2015 merupakan hari bersejarah bagi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (IMM FE UMY), dimana pada hari itu IMM FE UMY sukses meresmikan program Dana Abadi Umat di Taman Indah Fisipol. Dana Abadi Umat merupakan satu program dan satu kelembagaan terstruktur guna rencana masa depan dan demi keberlangsungan pengkaderan, seta cita- cita luhur mempersatukan kader, alumni dan segenap simpatisan dalam satu wadah. Acara yang diketuai oleh Najmi Alif Muhammad, IMMawan angkatan 2014 tersebut dihadiri oleh IMM dari berbagai angkatan, yaitu IMM angkatan 1999 sampai 2014. Tujuan acara ini menurut Alif, begitu ia disapa, adalah agar kembali muncul nostalgia untuk berorganisasi bagi alumni maupun kader IMM aktif, dan sebagai sarana yang efektif untuk bersilahturahmi.

dau2

   Dalam acara tersebut, Pak Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Akt., selaku Wakil Dekan Fakultas Ekonomi menyampaikan sambutan yang berisi tentang perlunya kontinuitas pada acara Dana Abadi Umat karena acara ini merupakan sarana berkumpul dan temu kangen untuk IMM dari berbagai generasi. Selain itu, sambutan juga disampaikan oleh Pak Kintoro selaku Ketua Forum Komunikasi Alumni IMM FE UMY. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi mendalam dengan diadakannya acara ini sebagai wadah pemersatu kader dan alumni demi mewujudkan mimpi IMM untuk memiliki IMM House sebagai rumah bagi seluruh kader IMM. Tujuan diadakan Dana Abadi Umat itu sendiri menurut Alif adalah untuk mewujudkan mimpi para kader dan alumni IMM FE yaitu mempunyai rumah impian (IMM house). IMM House nantinya diharapkan dapat digunakan untuk base camp bagi kader IMM  untuk  berdiskusi atau rapat.

dau3

“Ide awal munculnya program Dana Abadi Umat adalah karena saran dari alumni IMM FE yang berada di luar Jogja, karena ketika mereka berkunjung ke UMY rasanya sudah tidak punya tempat kumpul. Jadi muncullah ide untuk mengumpulkan dana dari alumni dan kader melalui Dana Abadi Umat, dan nantinya apabila dana sudah mencukupi Insya Allah bisa untuk membeli rumah kecil-kecilan”, ujar Alif. Dana yang sudah terkumpul akan ditabung dengan nama akun IMM FE, namun dana tersebut tidak akan digunakan untuk acara operasional IMM FE. “Dana tersebut hanya akan kita gunakan sesuai kebutuhan yang berkaitan dengan program ini saja, jadi acara-acara operasional IMM masih menggunakan dana dari kampus atau sponsorship”, tambah Alif.

dau4

Alif mengungkapkan bahwa keseluruhan acara sudah berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala kecil. “Alhamdulillah acaranya sukses, hanya ada sedikit kendala, yaitu acara ini berdekatan dengan acara-acara besar dari organisasi lain sehingga menyebabkan panitia banyak yang pecah konsentrasinya. Untuk acara yang selanjutnya, mungkin perlu adanya koordinasi yang lebih intens per bidang, karena ada beberapa masalah di bidang perlengkapan. Tapi untuk keseluruhan acara sudah baik”, tambahnya. Alif berharap, kader-kader berikutnya dapat meneruskan program Dana Abadi Umat sebagai tonggak awal untuk mewujudkan kemandirian ikatan. (AR DILL)