BMT UMY

 

Visi BMT UMY

Menjadi BMT Unggulan di Bidang Jasa Keuangan Syari’ah berbasis pemberdayaan alumni dan Amal Usaha

 

Misi BMT UMY

  1. Secara sistematis dan berkesinambungan melakukan penyempurnaan untuk pencapaian pelayanan yang berkualitas dan bernilai syari’ah
  2. Melaksanakan bisnis dengan pendampingan dan pemberdayaan UMKM yang berbasis komunitas dan amal usaha Muhammadiyah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas usaha.
  3. Mengembangkan SDI berbasis Alumni yang berkualitas dengan etos kerja dan integritas tinggi, disiplin dan dinamis didukung penguasaan Teknologi Informasi.

Tentang BMT

BMT UMY memulai aktifitasnya sejak dilakukan soft launching pada awal bulan Februari 2011 dalam forum orasi budaya oleh Prof. Dr. B.J. Habibie yang diselenggarakan di Sportorium UMY. Setelah menempati kantor yang representative di Gedung K.H. A.R. Fakhruddin B, pada awal bulan April 2011 dilakukan peresmian BMT UMY oleh bapak Jusuf Kalla pada tanggal 16 Mei 2011 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi DIY, Bupati Sleman, Walikota Yogyakarta, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan para pengelola BMT di DIY serta tamu undangan lainnya.

Pada saat ini BMT UMY memiliki asset sebesar Rp. 1.000.000.000 (satu milyar  rupiah) dan telah menyalurkan pembiayaan kepada dosen, karyawan dan sejumlah UMKM yang ada disekitar kampus UMY. Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada civitas akademika UMY khususnya para mahasiswa, saat ini BMT UMY bekerja sama dengan mitra usaha, untuk penawarkan produk pembiayaan berupa pembelian laptop, netbook maupun handphone bagi mahasiswa dan juga untuk dosen dan karyawan. Program ini mulai diluncurkan pada awal Juni 2011 dan menunjukkan tanggapan yang positif dari civitas akademika UMY ditunjukkan dengan banyaknya ajuan permohonan pembiayaan laptop kepada BMT UMY.

Melihat animo yang sangat positif dari civitas akademika tersebut, dalam rapat pengurus BMT UMY disepakati perlunya BMT UMY melakukan kerjasama dengan pihak lain terkait dengan pemenuhan pendanaan program pembiayaan laptop dengan prinsip saling menguntungkan dan tetap berpegang pada prinsip-prinsip syariah.

BMT UMY didirikan dengan prinsip pengelolaan yang professional dan kredibel dengan motto cakap & terpercayadikelola oleh sumberdaya insani yang memiliki kemampuan dan ketrampilan yang sangat baik dibidang lembaga keuangan mikro syariah dan didukung oleh jajaran pengurus, dewan pengawas manajemen dan dewan pengawas syariah yang memiliki kemampuan manajerial dan pengetahuan syariah yang diakui kepakarannya