Kembali menjadi kebanggan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, kali ini mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY berhasil menjadi pemenang second runner up academic paper dalam ajang perlombaan Sharia Economics Days (SECOND) 17th yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Mahasiswa tersebut adalah saudara Saykha Sabila Araz, mahasisiwi Program Studi Ekonomi Pembangunan yang juga tergabung dalam Komunitas Group of Economics Student for Future Indonesia Development (GESFID) Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini mengaku sangat bangga dan menjadi suatu kehormatan baginya karena dapat membawa nama besar UMY bersanding dengan perguruan tinggi lainnya di kancah nasional.
Acara yang diselenggarakan pada tanggal 11-14 Februari tersebut mengusung tema besar yaitu ‘Islamic finance and Economics Blueprint for Growth and Development : Shaping an Inclusive Future’. Sharia Economics Days (SECOND) 17th ini merupakan ajang perlombaan bergengsi yang diadakan secara tahunan oleh Universitas Indonesia yang tahun ini memasuki usia ke 17 tahun.
Saykha merupakan salah satu perwakilan UMY dari total 16 delegasi yang terseleksi dan diundang untuk mempresentasikan karya tulisnya yang telah diusulkan. “Karena temanya berbicara tentang Islamic Finance, saya mencoba mengankat tentang ketahanan perbankan syariah terhadap krisis yang pernah terjadi tahun 1997/1998 dan tahun 2008 untuk kemudian dibandingkan dengan perbankan konvensional, dan selanjutnya dikaji lebih dalam menggunakan model Early Warning System pada perbankan” papar Saykha ketika ditanyai tentang materi yang dipresentasikannya.
Selain itu Saykha juga mengungkapkan bahwa Sharia Economics Days (SECOND) 17th merupakan ajang conference pertama yang diikutinya serta karya tulis yang dipresentasikan masih jauh dari kata sempurna, namun ia tetap bersemangat dalam mengikuti kompetisi yang bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia tersebut.
Dalam kompetisi ini, terdapat 2 kategori perlombaan yaitu academic paper dan innovation paper. Sedangkan untuk pemenang dibagi dalam 2 kategori yaitu, best paper dan best speaker beserta runner up pada setiap bidang lomba, academic paper maupun innovation paper. “Harapan saya untuk kedepannya adalah semua mahasiswa UMY dapat aktif berpartisipasi dalam berbagai perlombaan yang diselenggaran perguruan tinggi maupun lembaga lainnya dan terkhusus untuk anggota Komunitas GESFID FEB UMY agar tetap bersemangat dalam mengikuti perlombaan serta selalu bersyukur dengan segala keadaan, because Allah has the most beautiful gift for everyone at the right time“ tutup Saykha.