Sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya selalu menjadi momentum yang penting bagi bangsa Indonesia. Sumpah pemuda merupakan hasil jeri payah pemuda-pemudi Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan, yang didekelarasikan pada tahun 1928.

Diera mileneal ini, moment sumpah pemuda tidak hanya dirayakan melalui upacara bendera saja. Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari orasi kebangsaan, ziarah ke makam pahlawan, bisa juga dengan mengadakan seminar kepemudaan. Tidak terkecuali dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang menyelenggarakan pengajian rutin yang bertepatan dengan hari sumpah pemuda.

Pengajian kali ini diisi oleh Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag. dengan tema “Akhlaq dalam Bekerja”  dengan mengkaji qur’an dari surat Al-Anfal ayat 60. Prof Yunahar panggilan akrabnya menjelaskan “ketika manusia ingin berperang maka hal utama yang harus dipegang adalah akhlaqnya terlebih dahulu baru senjata, sebab apabila senjata yang kita pegang terlebih dahulu sementara ahklaq kita belum tertata maka akan kesulitan dalam menggunakan senjata tersebut”. Begitu juga dalam pengaplikasian di dunia kerja, kita harus memantapkan niat kita dan akhlaq kita dalam bekerja sehingga nantinya pekerjaan yang kita geluti akan mudah dikerjakan serta akan barokah, imbuh beliau.

Yang juga menjadi permasalahan umat Islam saat ini adalah menurunnya angka jemaah sholat lima waktu terutama sholat subuh tidak terkecuali di lingkungan Kampus UMY. Prof Yunahar menambahkan bangsa ini akan terhindar dari segala macam masalah apabila masyaraktnya mau bersholat jemaah.

Acara yang dilaksanakan di gedung K.H. Ibrahim dihadiri oleh semua Dosen, Karyawan, dan Staff Temporary di lingkungan kerja FEB, dihadiri pula oleh Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Manusia Dr. Nano Prawoto, SE., M.Si., yang juga merupakan Dekan FEB periode sebelumnnya.

Diakhir acara Dekan FEB Rizal Yaya, Ph.D., M.Sc., Ak., CA. memberikan pengarahan kepada semua tenaga pendidik di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta khususnya yang berada di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, menjadikan pengajian pada hari ini sebagai bentuk untuk perbaikan diri guna lebih baik lagi dalam bekerja. Sehingga bisa mencetak lulusan yang berakhlaqkul karimah.