Akreditasi

MANAJEMEN

Program Studi Manajemen didirikan selaras dengan berdirinya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (dulunya Fakultas Ekonomi) pada tanggal 24 Rabi’ul Akhir 1410 H, bertepatan dengan 1 Maret 1981 M. Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 2018 Program Studi Manajemen telah terakreditasi A (sangat baik) sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 1887/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018.

Sejak tahun 2010/2011, Program Studi Manajemen menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan pendekatan student centered learning dan bermuatan softskill. Saat ini, Program Studi Manajemen telah menerapkan kurikulum KPT-KKNI. Dengan demikian lulusan Program Studi Manajemen  diharapkan tidak hanya mampu secara konseptual namun memiliki ketrampilan yang unggul seperti komunikasi, kepemimpinan, negosiasi, kepercayaan diri, serta motivasi yang tinggi untuk berprestasi.

AKUNTANSI

Sejarah Prodi Akuntansi UMY tidak lepas dari sejarah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY dan UMY itu sendiri. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (dulunya bernama Fakultas Ekonomi) UMY didirikan pada tanggal 24 Rabi’ul Akhir 1401 H, bertepatan dengan tanggal 1 Maret 1981 M beriringan dengan didirikannya UMY. Pada saat itu program studi yang disediakan hanya Manajemen. Pada 1992, inisiasi pendirian Prodi Akuntansi UMY mulai dirumuskan dan pada 1993 terwujudlah berdirinya prodi Akuntansi UMY dengan memperoleh status terdaftar pada tanggal 20 April 1993 berdasarkan SK Mendikbud RI No. 965/SK/BAN-PT/Akred/VIII/2015. Perkembangan pesat terjadi seiring dengan berbagai upaya sungguh-sungguh dan konsisten oleh sivitas akademika UMY.

Pada tahun 2005, untuk pertama kalinya Prodi Akuntansi UMY terakreditasi A. Pada 2015 Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 965/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015 prodi Akuntansi UMY kembali memperoleh status terakreditasi dengan nilai A yang diperoleh tanpa visitasi atau pemeriksaan oleh tim penilai akreditasi (Asessor) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dari Kemenristekdikti.

EKONOMI PEMBANGUNAN

Program Studi Ekonomi Pembangunan (EKPI dan IPIEF) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berdiri pada tahun 1999.

Sejak tahun 2011 hingga saat ini Program Studi Ekonomi Pembangunan memperoleh Akreditasi A Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 1618/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2016.