Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memiliki visi menjadi universitas bereputasi di Asia pada 2020 mendatang. Visi tersebut ditetapkan sebagai merespon situasi sosial dan politik yang sangat dinamis, termasuk pada kawasan Asia.

“UMY menyadari langkah yang tepat untuk menjadi bereputasi tidak hanya dengan mengirim staf atau mahasiswanya keluar, tapi juga menerima staf dan mahasiswa untuk bergabung dalam kegiatan akademik dan non-akademik. Karenanya, setiap tahun kami menerima mahasiswa asing, termasuk 79 mahasiswa asing pada 2017 ini,” ujar Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP, Senin (16/10).

Dalam acara penyambutan mahasiswa asing di kampus setempat, Gunawan menuturkan, saat ini UMY memiliki sekitar 98 partner internasional seperti Korea University (Korea Selatan), Thammasat University Thailand), dan Bradford University (Inggris). Menurutnya, Asia kini telah menjadi sebuah terma yang penting, tidak hanya sebagai suatu wilayah tapi juga sebagai lingkungan akademik.

“Sebagai wilayah, Asia adalah benua dengan populasi terbesar di dunia. Dalam lingkungan akademik, 31 universitas di Asia masuk dalam 100 besar universitas terbaik dunia. Ini berarti bahwa universitas-universitas di Asia diakui oleh peneliti dunia dan berkontribusi dalam pengembangan ide dan ilmu pengetahuan. Dan kami UMY juga ingin ikut serta dalam kontribusi tersebut,” imbuhnya.

Terkait mahasiswa asing baru di UMY, 79 mahasiswa tersebut berasal dari 14 negara yakni Amerika Serikat, Belanda, Thailand, Timor Leste, Filipina, Malaysia, Yaman, Mesir, Rwanda, Turki, Libya, Brazil, China, Korea Selatan dan Turmenistan. Para mahasiswa asing tersebut ada yang terdaftar full time study, pertukaran pelajar dan magang.

“Selanjutnya, UMY akan bersiap untuk menerima sekitar 400 mahasiswa dari universitas partner. Dan kami berharap para mahasiswa asing di UMY dapat menikmati pengalaman berkuliah serta tinggal di lingkungan UMY. Anda dapat belajar lebih dalam mengani Indonesia, Muslim serta budayanya,” pesannya.

Gunawan pun mengungkapkan harapannya agar para mahasiswa asing setelah menyelesaikan kuliah di UMY, bisa dapat menyebarkanluaskan pengalaman baik dan mengajak teman-teman mereka untuk bergabung dan berkuliah dengan UMY.